Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahnya Pengisian Baterai Wuling Air ev, Bisa Dicas di Rumah

Kompas.com - 23/07/2022, 14:22 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors memamerkan mobil listrik pertamanya, Air ev di pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo, Jakarta.

Bersamaan dengan itu, Wuling juga mengumumkan bahwa Air ev sudah bisa dipesan melalui diler, situs Wuling.id ataupun partner e-commerce Blibli.com.

Pengunjung juga bisa langsung memesan di booth Wuling selama pameran berlangsung hingga 31 Juli 2022.

Dengan konsep kompak dan futuristik, calon konsumen disuguhkan dengan berbagai kemudahan. Walaupun merupakan mobil listrik, Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan bahwa mobil ini sangat mudah untuk dimiliki konsumen Indonesia.

Baca juga: Mayoritas Calon Konsumen Wuling Air EV adalah Anak Muda

"Easy home charging itu, sebenarnya di rumah. Orang kalau kayak banyak yang bertanya, ini gimana, bertanya-tanya tentang infrastruktur segala macam; infrastruktur chargingnya semakin lama memang semakin bertambah. Tetapi di luar itu, solusinya di rumah pun bisa. Itu sangat mudah," ucap Dian kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Kemudian, Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko menjelaskan mekanisme pengisian daya Wuling Air ev yang terbilang mudah.

"Jadi dia bisa dicolok di rumah, seperti biasa. Tapi, ada minimum requirementnya," ucap Danang kepada Kompas.com, Jumat.

Wuling Air ev di PEVS 2022, Jumat (22/7/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Wuling Air ev di PEVS 2022, Jumat (22/7/2022)

Baca juga: Mobil Listrik Wuling Air ev Banjir Orderan

Persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya adalah kapasitas daya listrik di rumah konsumen tersebut. Karena, ada daya minimum yang diperlukan untuk mengisi daya mobil listrik ini.

"Syarat minimumnya adalah, listrik yang masuk ke mobil itu minimum 2.200 watt. Jadi kita bisa anggap, kalau mobil listrik ini kayak perangkat elektronik sih sebenarnya ya," lanjut Danang.

Danang mencontohkan, misalnya seperti sebelum membeli perangkat elektronik penyejuk udara (AC) atau mesin cuci di rumah. Pemilik rumah pastinya akan melakukan perhitungan terlebih dahulu, apakah listrik di rumahnya cukup atau tidak, serta menghitung konsumsi daya perangkat tersebut.

Wuling Air ev di PEVS 2022, Jumat (22/7/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Wuling Air ev di PEVS 2022, Jumat (22/7/2022)

Baca juga: Batal Gelar MotoGP, Sirkuit KymiRing Ternyata Bangkrut

"Nah itu sama. Misalnya kita membeli mobil listrik ini sebagai sebuah "perangkat elektronik" baru. Kita juga perlu menghitung konsumsi dayanya. Jadi si mobil listrik ini minimum dia mintanya 2.200 watt,  terus nanti harus ditambah sama kebutuhan rumah tangganya kita, yang existing berapa ini," ucap Danang.

Sebagai informasi, masa pre-booking Wuling Air ev masih dibuka sampai dengan 10 Agustus 2022 mendatang. Ada dua pilihan yang tersedia, yaitu standard range dengan jarak tempuh 200 km dan long range dengan jarak tempuh 300 km.

Sementara itu, pengiriman unit kepada konsumen diperkirakan akan mulai per akhir Agustus 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com