Batal Gelar MotoGP, Sirkuit KymiRing Ternyata Bangkrut

Kompas.com - 22/07/2022, 20:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Finlandia sepertinya tidak akan pernah digelar. Sebab, Sirkuit KymiRing yang rencananya akan menjadi tuan rumah ternyata mengalami kebangkrutan.

Dikutip dari Speedweek.com, Kamis (21/7/2022), sirkuit yang baru dibuat untuk mengadakan balap MotoGP nampaknya akan ditutup bahkan sebelum sempat digunakan.

Baca juga: Homologasi Belum Selesai, MotoGP Finlandia Ditunda Hingga Musim Depan

Rencananya, bukan hanya MotoGP saja yang akan digelar di sana. Tapi, Kejuaraan Dunia Motocross dan Rallycross juga dijadwalkan untuk bermain di Sirkuit KymiRing pada Juli dan Agustus 2022.

Sirkuit KymiRing di Finlandia yang mulai diuji coba. Sirkuit tersebut direncanakan menjadi salah satu lokasi seri baru pada musim kompetisi MotoGP 2020.Motogp.com Sirkuit KymiRing di Finlandia yang mulai diuji coba. Sirkuit tersebut direncanakan menjadi salah satu lokasi seri baru pada musim kompetisi MotoGP 2020.

Pihak promotor, Lahti Events, disebutkan mengalami kebangkrutan dan sudah dilikuidasi. Selain itu, pihak Sirkuit KymiRing juga berhutang 24,7 juta euro dan terus bertambah.

Pembangunan Sirkuit KymiRing sudah berjalan selama empat tahun. Sayangnya, sirkuit tersebut masih juga belum rampung hingga sekarang.

Baca juga: Finlandia Batal Gelar MotoGP 2021, GP Austria Jadi Dobel

Pembayaran biaya ganti rugi pembatalan MotoGP dan pengembalian uang tiket sekarang dibebankan juga pada Pemerintah Kota Lahti, pemilik dari Lahti Events.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Italia 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Italia 2022

"Kami memiliki dua pilihan di meja, bangkrut atau pembiayaan tambahan. Bangkrut adalah satu-satunya pilihan ketika pemilik tidak membiayai bisnis dan tidak ada pembiayaan utang yang tersedia," ujar Emilia Maki, CEO Lahti Events.

Disebutkan juga investigasi kriminal akan dilakukan, melihat sirkuit ini mendapat subsidi dari negara. Diduga ada penyelewengan dana sehingga pembangunan sirkuit tersebut masih belum selesai.

Proyek pembangunan Sirkuit KymiRing belum selesaiDok. Speedweek.com Proyek pembangunan Sirkuit KymiRing belum selesai

Meski demikian, pihak Lahti Events masih optimistis bisa menggelar MotoGP. Tentunya, dengan meminjam dana dari pemerintah kota sebesar 2,4 juta euro.

Dengan suntikan dana tersebut, Lahti Events menyebutkan bisa menggelar balapan pada akhir musim panas. Dana tambahan akan dibayarkan oleh induk perusahaan, yakni KOKO Lahti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.