Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pikap Kabin Ganda dan Ragam Pilihannya

Kompas.com - 15/07/2022, 09:42 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pikap kabin ganda alias double cabin (dcab) adalah kendaraan niaga empat pintu yang dilengkapi dengan dua baris kursi penumpang di bagian belakangnya.

Dikutip dari Car and Driver, double cabin umumnya juga dikenal dengan sebutan crew cabin. Crew cabin sendiri adalah istilah yang lebih familiar dipakai untuk mendeskripsikan mobil pikap empat pintu. Namun secara ukuran, dcab terbilang lebih kecil ketimbang crew cabin.

Bentuknya serupa dengan mobil pikap, namun memiliki tambahan ruang untuk penumpang di bagian belakang dekat bak muatannya. Umumnya, mobil double cabin terkenal sebagai kendaraan niaga yang dipakai untuk area perkebunan.

Baca juga: Modifikasi Double Cabin Jadi Motorhome, Siapkan Rp 485 Juta

Meski begitu, melihat pikap double cabin di jalan raya saat ini bukanlah hal asing. Pikap kabin ganda sudah bukan menjadi kendaraan niaga saja, tetapi kerap digunakan pribadi hingga keluarga.

Dimensi bodi pun relatif besar jika dibandingkan dengan mobil pribadi pada umumnnya. Dari segi mesin, dcab cocok untuk dibawa berkendara off road. Ditambah, sistem penggerak pada pikap kabin ganda biasanya sudah 4x4, membuatnya tangguh menghadapi medan ekstrem.

Satu hal lain yang membedakan double cabin dengan mobil pribadi lain pada umumnya, mobil ini harus memiliki uji KIR yang perlu dilakukan oleh pemilik kendaraan setiap enam bulan sekali.

Isuzu All New MU-X 4x4 dan mobil pick up double cabin Isuzu D-Max 4x4. Dok. Astra Isuzu Isuzu All New MU-X 4x4 dan mobil pick up double cabin Isuzu D-Max 4x4.

Baca juga: Bahas Sistem Penggerak Truk dan Sesuai Kebutuhannya

Terlepas dari kebutuhan mobil double cabin yang digunakan untuk pribadi, pemerintah mengkategorikan double cabin sebagai kendaraan wajib uji KIR.

Bagi yang tertarik untuk meminang pikap kabin ganda ini, ada lima merek yang bisa dipertimbangkan untuk dibeli di Indonesia.

Yang pertama adalah double cabin keluaran Toyota, yaitu Hilux. Buat yang tertarik dengan Hilux, konsumen disuguhkan dengan dua pilihan varian mobil, yaitu single cabin dan double cabin.

Kemudian selanjutnya ada Mitsubishi Triton. Double cabin yang satu ini berkapasitas 2.442 cc, dioptimalkan dengan intercooler dan turbocharger.

Baca juga: Cek Skema Kredit Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton

Selanjutnya, ada Ford Ranger. Double cabin milik Ford ini memiliki mesin dengan kapasitas 2,2 liter dan 3,2 liter, dan tersedia dalam dua sistem penggerak sendiri, yaitu 4x2 dan 4x4.

Keempat, ada Isuzu D-Max. Berkapasitas 2.999 cc, Isuzu D-Max dibekali dengan sistem switching penggerak dari 2WD ke 4WD dengan tiga pilihan transmisi, yaitu 2H, 4H dan 4L.

Terakhir, ada Nissan Navara. Navara dilengkapi dengan mesin diesel yang berkapasitas 2.488 cc dengan fitur Shift on the Flye 4X4. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk mengatur, apakah akan memakai 2WD atau 4WD. Ini bisa diaktif akan melifat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com