Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelat Nomor Mobil Listrik Ternyata Ada Dua Jenis

Kompas.com - 13/07/2022, 10:46 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPelat nomor kendaraan listrik tidak sama dengan mobil atau sepeda motor bermesin konvensional. Perbedaan terletak pada ornamen atau lis warna biru di bagian bawah Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Namun baru-baru ini ramai di media sosial, ada sebuah pelat nomor kendaraan listrik dengan posisi lis biru di sisi sebelah kanan, bukan di bawah pada umumnya.

Saat dikonfirmasi mengenai ini, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan, pelat mobil listrik dengan lis di samping adalah pelat nomor pilihan.

Baca juga: Adu Konsumsi BBM Mobil Listrik, PHEV, Hybrid, Bensin, dan Diesel

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ridwan Hanif (@ridwanhr)

“Oh itu yang pilihan, tidak sama. Mungkin satu angka, dua angka, tiga angka, itu pilihan. (Rilisnya) sama dengan yang itu (pelat biasa), itu juga masih baru,” ujar Yusri, kepada Kompas.com Rabu (13/7/2022).

Seperti diketahui, ketika melakukan registrasi kendaraan pelat nomor yang diberikan adalah sesuai dengan urutan. Namun, bagi yang mau tampil beda, bisa meminta pelat nomor cantik atau NRKB pilihan.

Dengan meminta dibuatkan NRKB pilihan, pemohon bisa mengatur sendiri NRKB-nya. Bisa dengan kombinasi satu sampai empat huruf serta dengan seri huruf maupun kosong atau blank.

Baca juga: Harga BBM Makin Mahal, Seberapa Irit Pakai Mobil Hybrid?

Untuk yang berminat, syarat permohonan NRKB pilihan sudah diatur pada Peraturan Polri Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

“Kalau enggak pilihan, biasanya (lis biru) di bawah. Kita tahu bahwa itu nomor pilihan, PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) lah. Misal kamu ambil ‘B 1’, tapi listrik, nanti lis biru di samping,” kata Yusri.

Ungkapan senada juga disampaikan Dirlantas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Sambodo Purnomo Yogo. Menurut dia, untuk pelat nomor pilihan lis birunya berada di sisi samping kanan.

"Aturan ini berlaku sejak November 2021, tetapi baru operasional bulan Juni 2022," tutur Sambodo kepada KOMPAS.com, Rabu (13/7/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com