Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Penumpang agar Terhindar dari Kecelakaan Bus

Kompas.com - 11/07/2022, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Transportasi umum seperti bus memang masih jadi andalan sebagian besar orang Indonesia. Namun, tidak jarang bus yang ditumpangi malah terlibat kecelakaan yang cukup parah.

Kalau beruntung, penumpang bisa keluar dari bus dengan selamat. Parahnya, tidak sedikit penumpang yang jadi korban akibat bus yang ditumpangi alami kecelakaan.

Lalu sebagai penumpang, bagaimana memilih angkutan umum yang aman dan selamat?

Baca juga: Bus Baru PO Kencana, Pakai Bodi Avante D2 Double Decker Berkelir Pink

Kecelakaan melibatkan bus transjakarta dan pemotor di simpang Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu (5/3/2022).TANGKAPAN LAYAR INSTAGRAM.com/INFO_JAKARTATIMUR Kecelakaan melibatkan bus transjakarta dan pemotor di simpang Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu (5/3/2022).

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, menggunakan transportasi umum memiliki risiko yang tinggi.

Selain itu, masih kerap ditemui pengemudi yang mengabaikan keselamatan. Jadi tidak jarang ditemui bus yang alami kecelakaan karena kecerobohan dari pengemudinya.

Sebagai penumpang, harus selalu waspada ketika naik transportasi umum. Ada beberapa tips bagaimana naik kendaraan umum dengan aman yang bisa dilakukan oleh penumpang.

Baca juga: Begini Kronologi Kecelakaan Charly Van Houten di Tol Cipularang


“Pertama, perhatikan cara mengemudinya. Apabila ugal-ugalan atau tidak terampil, segera ambil langkah untuk turun,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kedua, perhatikan apa yang harus dilakukan penumpang ketika dalam kondisi emergency. Perhatikan peralatan keselamatan apa saja yang tersedia. Jangan sampai penumpang terjebak apabila terlibat kecelakaan.

“Ketiga, tentukan di mana posisi duduk atau berdiri. Pastikan posisi mudah atau dapat menjangkau pintu dengan segera apabila dibutuhkan evakuasi darurat,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com