Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Fungsi Booster Rem Mobil, Bikin Ringan Pedal Rem

Kompas.com - 10/07/2022, 11:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rem merupakan komponen yang sangat penting pada kendaraan. Tanpa rem yang prima, mobil bisa mengalami kecelakaan karena kecepatan tidak bisa berkurang sesuai keinginan pengendara.

Agar rem selalu prima maka diperlukan perawatan rutin, mulai dari pembersihan, pelumasan hingga penyetelan. Selain itu, komponen penunjang rem juga perlu diperiksa seperti minyak rem, master rem, kaliper rem dan booster.

Untuk booster, sebenarnya tidak memerlukan perawatan seperti komponen lainnya. Hanya saja perlu dipastikan bahwa fungsinya bekerja dengan baik setiap kali melakukan servis.

Hal itu penting, karena bila booster rem tidak berfungsi dengan baik bisa membuat rem keras dan daya pengereman berkurang.

Baca juga: Ketahui Tanda Kampas Rem Mobil Minta Diganti

Ruang Mesin Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ruang Mesin Toyota Hilux Facelift

Pemilik Everest Motor Spesialis Nissan & Datsun, Eko Setiawan mengatakan booster berfungsi untuk membantu pengereman agar lebih ringan.

“Biar pedal rem ringan, jadi gaya yang diberikan pada pedal rem akan dikombinasikan dengan gaya vakum pada mesin, sehingga gaya yang dihasilkan untuk menekan kampas rem menjadi lebih besar,” ucap Eko kepada Kompas.com, Jumat (8/7/2022).

Dia menjelaskan untuk membuat kampas rem menekan disc brake atau tromol dengan kuat dibutuhkan gaya yang cukup besar.

Ketika kendaraan hanya mengandalkan pesawat sederhana berupa pengungkit dari pedal rem, itu masih kurang, atau pengendara perlu menginjak rem dengan sekuat tenaga.

Baca juga: Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak

Menginjak gas pada mobilPokPak05 Menginjak gas pada mobil

Tapi dengan adanya booster rem, maka gaya yang perlu dikeluarkan pengendara untuk menginjak pedal rem menjadi lebih kecil. Dengan kata lain pedal rem menjadi lebih ringan karena dengan gaya sekian sudah bisa membuat rem bekerja maksimal.

Jika sistem rem tidak menggunakan booster, maka dapat dipastikan pengendara akan kewalahan ketika harus sering melakukan pengereman pada kecepatan tertentu.

Jadi, booster rem memang sangat penting dalam sistem rem, sehingga perlu dilakukan pengecekan setiap melakukan servis. Bahkan, kalau perlu pengendara juga bisa turut membantu pengecekan setiap saat, minimal sebelum melakukan perjalanan dengan mobil tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com