Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serupa tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Transmisi Matik CVT dan AT

Kompas.com - 24/06/2022, 10:02 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara umum, transmisi mobil dibagi menjadi dua yaitu manual dan matik. Kemudian, ternyata transmisi matik dibagi lagi menjadi dua tipe yang berbeda, yaitu automatic transmission (AT) dan continous variable transmission (CVT).

Masih banyak yang belum paham perbedaan mendasar dari kedua jenis transmisi matik ini. Meskipun tidak terlihat jelas, ada beberapa hal yang membedakan antara AT dengan CVT, mulai dari komponennya hingga tarikan mobil saat pedal gas diinjak.

Pemilik bengkel spesialis matik Worner Matic Hermas Efendi Prabowo menjelaskan, perbedaan transmisi AT dan CVT terletak pada rasio pembentuk gigi.

Baca juga: Ketahui Arti Huruf pada Tuas Transmisi Matik Daihatsu New Sirion

"Rasio input dan output-nya. Kalau pada transmisi matik AT, terutama untuk AT konvensional, basisnya adalah planetary gear set. Jadi, planetary gear set inilah yang membentuk rasio gigi satu, dua, tiga, empat, dan seterusnya," ucap Hermas saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/6/2022).

Planetary gear set merupakan sebutan gigi gear yang terpasang pada mobil, bekerja untuk mengatur transmisi kendaraan. Sementara pada transmisi matik CVT, yang dipakai adalah pulley primer dan pulley sekunder yang dihubungkan oleh sabuk baja atau steel belt.

Kemudian, perbedaan juga terletak pada jumlah friction clutch dan steel clutch. Jumlah friction clutch dan steel clutch pada transmisi matik tipe AT terbilang lebih banyak.

Tuas transmisi mobil matik- Tuas transmisi mobil matik

Baca juga: Viral, Video Konvoi Pajero Dikawal Mobil Polisi Terobos Macet

"Biasanya untuk transmisi matik yang AT konvensional, jumlah friction clutch dan steel clutch-nya lebih banyak. Kalau pada CVT, paling enam untuk frictionsteel bisa tujuh atau delapan. Tapi kalau yang AT, friction-nya bisa sampai 18, 20. Bahkan untuk tipe-tipe tertentu yang mobil power-nya gede, bisa sampai di atas 30 keping. Begitu juga dengan steel clutch-nya," ucap Hermas.

Lalu, ada atau tidaknya torque converter juga menjadi salah satu pembeda antara transmisi matik AT dengan transmisi matik CVT. Torque converter merupakan komponen sistem pemindah tenaga, menghubungkan putaran mesin dengan transmisi otomatis.

Baca juga: Kejadian Lagi, Mobil Jatuh Kelontang Saat Cuci Hidrolik

Komponen ini isinya adalah minyak transmisi. Torque converter juga menjadi pembeda antara mobil manual dengan matik. Komponen ini bekerja sebagai kopling otomatis, peredam getaran pada mesin, dan meningkatkan momen yang dihasilkan mesin.

"Untuk torque converter, untuk beberapa tipe transmisi matik CVT tidak dilengkapi dengan torque converter. Seperti, contohnya, transmisi CVT matik Honda, yang generasi awal tahun 2003 sampai 2008. Untuk AT, sebagian besar umumnya dilengkapi dengan torque converter," ucap Hermas.

Meski begitu, ia mengatakan bahwa mobil transmisi matik CVT keluaran sekarang umumnya juga dilengkapi dengan torque converter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com