Ketahui Arti Huruf pada Tuas Transmisi Matik Daihatsu New Sirion

Kompas.com - 23/06/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil transmisi matik, terdapat kombinasi angka atau huruf pada tuasnya, dan masing-masing memiliki arti.

Pada mobil yang menggunakan transmisi manual, angka yang tertera menggambarkan tingkat percepatan. Sedangkan pada transmisi matik, tidak mengacu pada gigi percepatan.

Baca juga: Penjualan New Sirion Diklaim Hampir Mencapai Target

Pada umumnya, kombinasi huruf dan angka yang digunakan adalah P-R-N-D-2-L, P-R-D-D3-2-L, dan P-R-N-D-S. P berarti Parking, R adalah Reverse, N sama dengan Netral, D berarti Drive, dan L berarti Low Gear.

Tuas transmisi Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Tuas transmisi Daihatsu New Sirion

Namun, berbeda lagi pada tuas transmisi Daihatsu New Sirion. Pada mobil city car ini, kombinasi yang digunakan adalah P-R-N-D-S-B.

Dendy Triyanto, Marketing Product 1 Dept. Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, B itu Braking dan S itu Sport.

Baca juga: Sama-sama Pakai CVT, Mana Lebih Menarik, Brio RS atau Sirion Facelift?

"S digunakan pada saat menanjak atau menyalip. Sedangkan B, digunakan pada saat turunan yang cukup curam. Jadi, membantu pengereman," ujar Dendy, saat Test Drive New Sirion, di Kota Manado, Selasa (21/6/2022).

Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Daihatsu New Sirion

Khusus untuk B yang berarti Braking, penting bagi pemilik mobil untuk memahaminya. Sebab, transmisi tersebut berguna untuk membantu pengereman mesin atau engine brake. Sehingga, membantu meringankan kinerja dari sistem pengereman dan mengurangi risiko terjadinya rem blong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.