Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Gagal Menyalip, Honda Jazz Tabrak Puluhan Motor di Pemalang

Kompas.com - 18/06/2022, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA KOMPAS.com - Mobil Honda Jazz menabrak puluhan sepeda motor yang diparkir di area depan SMK Negeri 1 Pemalang, Jawa Tengah.

Kejadian berawal saat Honda Jazz datang dari arah selatan menuju utara.

“Saat itu mobil Jazz hendak menyalip, tetapi tidak sampai yang akhirnya pengemudi membanting setir ke kiri dan menabrak puluhan sepeda motor,” ucap saksi mata bernama Anton dikutip dari Kompas.com, Senin (18/6/2022).

Akibatnya, puluhan sepeda motor rusak ditabrak mobil Honda Jazz. Beruntungnya, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

Baca juga: Video Pengendara Motor Diberi Surat Teguran karena Pakai Sandal Jepit

Menyalip atau mendahului kendaraan lain merupakan kegiatan yang sangat membahayakan. Bahkan kecelakaan paling sering terjadi saat kendaraan sedang menyalip. Oleh sebab itu, sebelum menyalip kendaraan lain pengemudi harus memperhatikan beberapa hal.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada empat hal yang harus dipastikan pengemudi sebelum menyalip kendaraan, yaitu aman, diperbolehkan, perlu, dan mampu.

ilustrasi menyalipKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi menyalip

“Pertama aman, tidak ada kendaraan dari belakang yang juga ingin menyalip. Lalu pastikan jarak kendaraan yang ada di depannya (kendaraan yang ingin disalip) cukup jauh sehingga kita bisa langsung kembali ke jalur yang benar setelah menyalipnya,” ucap Marcell, belum lama ini kepada Kompas.com.

Kemudian yang kedua adalah diperbolehkan atau tidak, misalnya tempatnya dibenarkan untuk menyalip, tidak ada rambu larangan mendahului atau marka membujur utuh. Bukan di jalan menikung, sebab kondisi jalan tersebut penuh dengan blindspot.

Baca juga: Cara Bedakan Pelat Nomor Kendaraan Asli dan Palsu

“Kita dan pengemudi lain dari arah berlawanan sama-sama tidak dapat melihat saat tikungan. Dan bisa bertemu dengan tiba-tiba di tengah tikungan, sehingga bisa adu banteng,” ujarnya.

Ketiga, yaitu perlu atau tidak menyalip kendaraan Jika dirasa tidak perlu, sebaiknya tidak usah mendahului.

“Terakhir yaitu mampu, pastikan kendaraan yang dikemudikan mampu mendahului. Sebab saat menyalip. kendaraan membutuhkan tenaga lebih agar bisa cepat mendahuluinya,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com