Dua Jenis Kendaraan Ini Warna Pelat Nomornya Tidak Berubah

Kompas.com - 03/06/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergantian warna dasar pelat nomor kendaraan rencananya akan mulai diterapkan pada pertengahan Juni 2022. Namun, ada dua jenis kendaraan yang tidak mengalami perubahan atau tetap sama seperti sebelumnya.

Dikutip dari NTMC Polri, Kasubdit STNK Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Kombes Pol M Taslim Chairuddin mengatakan bahwa warna pelat kendaraan angkutan pemerintahan dan angkutan umum tetap sama dengan yang sebelumnya.

Baca juga: Apa Saja Syarat Ganti Pelat Nomor Putih?

"Sementara TNKB (tanda nomor kendaraan bermotor) kendaraan pemerintahan tetap dengan warna merah, untuk angkutan umum tetap dengan warna dasar kuning," ucap dia, Kamis (2/6/2022).

Perubahan warna dasar pelat menjadi putih dan warna tulisan pada pelat menjadi hitam, berlaku untuk kendaraan pribadi dan perusahaan.

"TNKB spesifikasi baru warna dasar putih tulisan hitam sekali lagi sama dengan TNKB spesifikasi lama, diperuntukkan untuk kendaraan kepemilikan pribadi atau perusahaan," ucap dia.

Sebelumnya, Korlantas Polri sudah menargetkan seluruh kendaraan telah menggunakan pelat nomor warna putih pada tahun 2027 mendatang.

"Tahun 2027 sudah lengkap, semuanya sudah putih. Karena kan sudah lima tahun," ucap dia.

Pelat nomor kendaraan listrik akan diberikan warna biru pada ruang masa berlakuPolri Pelat nomor kendaraan listrik akan diberikan warna biru pada ruang masa berlaku

Baca juga: Video Viral Bus Mogok karena Harus Matikan Mesin di SPBU

Masyarakat diimbau untuk tidak membeli pelat sendiri, kecuali yang dikeluarkan secara resmi oleh pihak kepolisian. Saat ini, material TNKB tersebut diklaim masih dalam proses produksi.

Pada awal pelaksanaan, tidak semua kendaraan bisa mendapatkan pelat tersebut. Karena, yang diprioritaskan adalah kendaraan baru dan yang habis masa berlaku pajak lima tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.