Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Suhu Ideal Kerja Mesin Mobil?

Kompas.com - 11/05/2022, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin merupakan komponen penting yang ada pada kendaraan. Tanpa mesin, tidak ada tenaga yang dihasilkan untuk menggerakkan roda sehingga bisa berjalan.

Untuk bisa bekerja dengan efisien, mesin mobil punya suhu ideal. Artinya, mesin akan bekerja maksimal pada suhu tertentu, tidak terlalu dingin atau kepanasan.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, mesin punya suhu kerja ideal sekitar 80 derajat celsius.

Baca juga: Anjuran Suhu AC Mobil yang Tepat Saat Mudik, Jangan Asal Dingin

Lampu indikator suhu radiator pada mobilcarfromjapan.com Lampu indikator suhu radiator pada mobil

"Sekitar 82 derajat celsius dan tidak terpengaruh terhadap suhu udara luar. Setiap pabrikan mungkin berbeda (suhunya), tapi kebanyakan atau rata-rata segitu," kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Untuk menjaga mesin tetap berada pada suhu kerja yang ideal, ada komponen bernama termostat. Fungsinya adalah untuk mengatur sirkulasi udara dingin dengan menahan cairan pendingin sehingga tidak akan sampai ke radiator.

Baca juga: Aksi Bajing Loncat Kembali Terjadi di Bandar Lampung

"Selain itu, termostat juga berfungsi untuk mempertahankan temperatur agar suhunya tetap dalam batas, juga untuk membuka saluran pada mesin yang akan menuju radiator," ucap Didi.

Jadi saat pagi dan mesin dalam kondisi masih dingin, posisi katup termostat akan menutup. Ketika mesin mulai panas, baru katup tadi terbuka dan menjaga suhu kerja ideal mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com