Aksi Bajing Loncat Kembali Terjadi di Bandar Lampung

Kompas.com - 10/05/2022, 13:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi bajing loncat kembali viral di media sosial. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram Romansa Sopir Truck, terlihat dua orang sedang melakukan aksi bajing loncat di Jalan Soekarno-Hatta (bypass), Kota Bandar Lampung, Minggu (08/5/2022).

“Aksi bajing loncat di jalan Soekarno-Hatta (Bypass) depan PT Berindo Jaya arah ke Transmart, Sukabumi, Kota Bandar Lampung. Kejadian kemarin sore, Minggu, (08/05/22) sekira pukul 17.20 WIB”. tulis keterangan video tersebut.

Baca juga: Update Harga Skutik Bekas 125 cc per Mei 2022

Bajing loncat merupakan aksi kriminal mengambil barang di belakang bak truk. Aksi ini dilakukan setidaknya oleh dua orang, satu mengendarai motor dan satu lagi mengambil barang.

Ketika melihat aksi pencurian tadi, apalagi di jalanan yang macet, kadang kerap muncul rasa ingin mencegahnya. Namun hal tersebut sebenarnya bisa berbahaya bagi diri sendiri.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, bagi pengguna jalan yang melihat langsung kejadian bajing loncat, cara menolong sopir truk cukup dengan merekam saja.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

“Bila kita melihat, bisa merekam kejadian tersebut, melaporkan kepada yang berwenang. Selain itu bisa juga meng-upload ke media sosial sehingga ada sanksi sosial kepada pelaku,” ucap Marcell, belum lama ini kepada Kompas.com.

Kemudian, jika diunggah ke media sosial, bisa menjadi pelajaran untuk pengemudi truk. Jadi mereka bisa lebih waspada saat melewati jalur yang rawan tadi.

“Jangan coba tangkap langsung pelakunya. Bisa saja nanti jadi korban kejahatan, karena ada komplotannya yang standby, lebih baik serahkan ke ahlinya yaitu penegak hukum,” kata Marcell.

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana menambahkan, tidak semua orang memiliki kapasitas dan kemampuan untuk menindak bajing loncat.

Pelaku bajing loncat biasanya sudah terlatih dan bahkan minimal membawa senjata tajam dalam melakukan aksinya.

Aksi bajing loncat di Jalan Raya Bekasiinstagram.com/romansasopirtruck Aksi bajing loncat di Jalan Raya Bekasi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.