Pemohon Perpanjangan SIM Membeludak, Satpas DIY Siapkan 2 Bus Keliling

Kompas.com - 10/05/2022, 16:31 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki hari kedua dispensasi perpanjangan SIM pasca-libur Lebaran, Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyediakan layanan SIM Bus Keliling di depan kantor.

Kasi SIM Dubdit Regident Ditlantas Polda DIY Kompol Meike Rachmawaty mengatakan, dua unit bus SIM keliling disediakan sebagai bentuk antisipasi naik kunjungan pemohon SIM.

“Bus keliling standby di depan Satpas, siap back up melayani masyarakat apabila membeludak di dalam Satpas,” ucap Meike, kepada Kompas.com di Yogyakarta pada Selasa (10/05/2022).

Baca juga: Catat, Jam Operasional Layanan SIM, STNK, dan BPKB Usai Libur Lebaran

Suasana pengunjung Satpas DIY yang melonjak menyusul dispensasi perpanjangan SIM pasca libur Lebaran- Suasana pengunjung Satpas DIY yang melonjak menyusul dispensasi perpanjangan SIM pasca libur Lebaran

Menurut Meike, antusias masyarakat sangat tinggi menyusul adanya kebijakan dispensasi perpanjangan SIM.

Hal tersebut terpantau di berbagai Satpas yang ada di wilayah DIY, mulai Sleman, Bantul, Gunungkidul, hingga Kulonprogo mengalami lonjakan yang signifikan.

“Kami rekap dari jajaran polres wilayah, mengalami kenaikan lonjakan pemohon perpanjang SIM dengan persentase 80-100 persen,” ujar Meike.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pemerintah memberikan kebijakan dispensasi perpanjangan SIM yang berlaku mulai 9-17 Mei 2022.

Baca juga: Dispensasi Perpanjangan SIM Saat Libur Lebaran, Catat Tanggalnya

Hal tersebut lantaran pemerintah telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, yang mengatur perubahan hari libur nasional dan cuti bersama 2022.

Layanan SIM keliling di IIMS Hybrid 2022, Senin (4/4/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Layanan SIM keliling di IIMS Hybrid 2022, Senin (4/4/2022)

“Layanan dispensasi perpanjang SIM ini menjadi prioritas kami saat ini, dan lonjakan ini sudah kami antisipasi jauh-jauh hari, sehingga protokol kesehatan masih bisa diterapkan,” kata Meike.

Kelonggaran dispensasi perpanjangan SIM ini hanya berlaku bagi pengendara yang masa berlaku SIM-nya sudah habis pada 29 April sampai 8 Mei 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.