Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Ioniq 5 Meluncur di IIMS 2022, Simak Fitur Unggulannya

Kompas.com - 31/03/2022, 07:22 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 menjadi mobil listrik atau Battery Electric Vehicle (BEV) pertama yang diproduksi di tanah air. Mobil listrik ini akan resmi meluncur ke publik pada pameran otomotif nasional, Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, mulai Kamis (31/3/2022).

Peluncuran perdana sebenarnya sudah dilakukan ketika Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik PT Hundai Motor Manufakturing Indonesia di Cikarang, Rabu (16/3/2022) lalu. Kali ini, pada IIMS 2022 dilakukan acara peluncuran untuk publik.

Ada berbagai fitur canggih yang ditawarkan Hyundai melalui Ioniq 5, salah satunya ialah fitur unggulan, Hyundai Bluelink.

Fitur ini dapat menghubungkan pengemudi dengan call center Hyundai untuk Roadside Assistance, yang siap merespons 7 x 24 jam. Disitat dari situs Hyundai, versi terbaru Hyundai Bluelink bisa dikontrol melalui smartphone.

Baca juga: Dyandra Siapkan Grand Prize 4 Mobil dan 2 Motor untuk Pengunjung IIMS 2022

Pemilik Ioniq 5 nantinya juga disuguhkan dengan sistem navigasi yang menyediakan informasi real-time keadaan lalu lintas, parkir dan charging station. Sistem navigasi tersebut juga bisa memperkirakan waktu berkendara hingga sampai ke tempat tujuan dan perkiraan rute terbaik.

Ioniq 5 juga menjadi mobil Hyundai pertama yang dilengkapi dengan fitur level 2 autonomous safety technology. Fitur ini mengontrol kecepatan dan jarak dengan kendaraan lain, membantu pengemudi saat akan berpindah lajur.

Kemudian, ada surround view monitor (SVM) atau kamera yang memberikan pengemudi visual kendaraan secara 360 derajat. Fitur ini memudahkan pengemudi untuk bermanuver, khususnya di area yang sempit atau terbatas.

Presiden Joko Widodo (kiri) mengamati mobil listrik Ioniq 5 di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang berada di Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini Rabu (16/3/2022) sekaligus meresmikan peluncuran mobil listrik Ioniq 5 pertama yang dibuat di Indonesia.ANTARA FOTO/HO/Biro Pers, Media dan Informasi Setpres/Kris Presiden Joko Widodo (kiri) mengamati mobil listrik Ioniq 5 di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang berada di Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini Rabu (16/3/2022) sekaligus meresmikan peluncuran mobil listrik Ioniq 5 pertama yang dibuat di Indonesia.

Baca juga: Akibat Memaksa Menyalip, Toyota Kijang Adu Banteng dengan APV

Selain SVM, Ioniq 5 juga memiliki blind spot view monitor (BVM) yang menampilkan visual area kiri dan kanan belakang melalui layar digital. BVM akan aktif saat pengemudi menggunakan turn indicator ketika berpindah lajur.

Fitur keamanan di kabin juga dapat dinikmati calon pengguna Hyundai. Safe Exit Assist (SEA) merupakan fitur keamanan yang bisa mendeteksi kendaraan yang mendekat dari belakang dan mengunci child lock di pintu belakang selama sementara waktu. Sehingga, penumpang hanya bisa membuka pintu dan keluar dari mobil saat keadaan di sekitar mobil sudah aman.

Terakhir, ada fitur high beam assist (HBA) yang bisa mendeteksi jika ada kendaraan yang berada di jangkauan sensor. Lampu akan ditukar ke mode low-beam. Saat tidak ada kendaraan lain yang terdeteksi, lampu akan kembali ke mode high beams.

Sebagai informasi, perhelatan IIMS Hybrid 2022 diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIEXPO) mulai dari 31 Maret 2022 - 10 April 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com