Kata AISI Soal Target 2 Juta Kendaraan Listrik pada 2025

Kompas.com - 24/02/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada peluncuran proyek kolaborasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik antara BUMN dengan swasta, yang diinisiasi oleh Pertamina, Gesits, Gojek, TBS Energi Utama, Electrum, serta Gogoro, Presiden Joko Widodo berharap pada 2025 setidaknya ada 2 juta kendaraan listrik di Indonesia yang digunakan masyarakat.

"Kita targetkan juga nanti di 2025 ada 2 juta kendaraan listrik bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia, dan selanjutnya kita akan menuju ke pasar-pasar ekspor," ujar Jokowi, dalam seremoni yang disiarkan virtual (22/2/2022).

Hal ini dilakukan untuk mencapai target pemerintah untuk Indonesia menurunkan emisi sebanyak 29 persen pada 2030, dan mencapai target emisi nol atau net zero emission pada 2060.

Baca juga: Protes Aturan ODOL, Ribuan Sopir Truk Demonstrasi di Surabaya

Electrum, Pertamina, Gogoro, dan Gesits berkolaborasi demi terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di IndonesiaDok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Electrum, Pertamina, Gogoro, dan Gesits berkolaborasi demi terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia

"Maka dengan didukung oleh ekosistem kendaraan listrik dari hulu hingga hilir, diharapkan negara Indonesia betul-betul mampu merajai menjadi produsen dari kendaraan listrik," ucap Jokowi.

Dari jumlah tersebut, sepeda motor listrik tentunya bakal mengambil peran yang cukup signifikan. Pada tahun lalu saja, penjualan motor berhasil melampaui 5 juta unit yang didominasi oleh merek anggota Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI). Terdiri dari, Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS.

Tapi harus diakui, penjualan motor listrik dari anggota AISI relatif masih nihil. Kalaupun sudah ada, belum dijual bebas hanya berstatus sewa dengan dalih masih dalam tahap penelitian pasar.

Penetrasi motor listrik justru dimulai merek-merek lokal seperti Gesits dan Viar, termasuk beberapa merek kecil lainnya dari luar negeri.

Baca juga: Bahaya, Jangan Main Ponsel Saat Isi BBM di SPBU

Pengunjung melihat motor yang dipamerkan pada pameran IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (20/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat motor yang dipamerkan pada pameran IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (20/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Menanggapi hal ini, Hari Budianto, Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), menyambut baik rencana Jokowi. Ia juga mengatakan, pihaknya bakal berusaha mencapai target yang diharapkan pemerintah.

“Kami AISI selalu mendukung setiap rencana dan program pemerintah terkait kendaraan listrik ini,” ujar Hari, kepada Kompas.com (23/2/2022).

“Mengenai angka target pemerintah kita berupaya bisa mengikutinya, tentu saja realisasinya sangat tergantung dengan perkembangan teknologi, ekosistem, experience dan kesiapan masyarakat sebagai penggunanya,” kata dia.

Baca juga: Gojek Pakai Motor Listrik, Biaya Operasional Diklaim Hemat 30 Persen

PCX ElectricFoto: Istimewa PCX Electric

Hari menambahkan, ke depan produsen roda dua yang tergabung dalam AISI, tentunya bakal ikut meramaikan penetrasi kendaraan listrik di Tanah Air.

“Anggota AISI sedang berusaha ke sana dan sedang menyiapkan produk terbaiknya agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan listrik,” ucap Hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.