Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Sirkuit Mandalika Kebut Fasilitas buat Penonton

Kompas.com - 16/02/2022, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai tes resmi MotoGP Mandalika 2022 pada 11-13 Februari, pengelola sirkuit kini fokus mempersiapkan ajang balap yang akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

Pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyatakan segera menyelesaikan fasilitas pendukung lainnya, khususnya sarana untuk penonton.

Pihaknya tengah menyiapkan tribune penonton antara lain, Hospitality Suites VIP Village, tribune Grandstand, dan Royal Box.

Baca juga: Akhirnya Diputuskan Sebagian Aspal Sirkuit Mandalika Dilapisi Ulang

Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio saat sesi tes pra-musim di Sirkuit MandalikaDok. Gresini Racing Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio saat sesi tes pra-musim di Sirkuit Mandalika

Royal Box atau kategori VIP Premiere Class merupakan kelas tertinggi yang akan dipersiapkan khusus untuk jajaran VIP seperti Presiden RI, Para Menteri, VIP Swasta dan Sponsor.

Sementara, VIP Village merupakan tempat eksklusif berkapasitas hingga 2.400 orang yang disediakan bagi penonton dari kategori Hospitality Suites. VIP Village memiliki sejumlah kelebihan antara lain parkir VIP eksklusif, ruangan C, open bar, F&B, dan grandstand eksklusif.

Di tengah Sirkuit juga sedang ada pekerjaan pembuatan Grandstand yang ditargetkan selesai pada bulan Maret minggu kedua dengan total 50.000 tempat duduk.

"Tempat duduk untuk tribune yang disiapkan ini diimpor langsung dari luar negeri yaitu dari Jepang, Perancis dan sisanya dari China," tulis ITDC dalam keterangan resmi, Selasa (16/2/2022).

Baca juga: Cara Benar Derek Mobil Transmisi Matik yang Mogok

Bagian dalam ruangan tertutup Bukit Jokowi yang sudah dilengkapi sofa, televisi, AC floor standing, hingga showcase cooler (pendingin minuman).KOMPAS.com/ Hafidz Imaduddin Bagian dalam ruangan tertutup Bukit Jokowi yang sudah dilengkapi sofa, televisi, AC floor standing, hingga showcase cooler (pendingin minuman).

ITDC Group memastikan bahwa seluruh fasilitas pendukung sirkuit ini akan siap digunakan saat race MotoGP Maret mendatang.

Di sisi lain Kementerian PUPR tengah melakukan sejumlah pekerjaan pembangunan di depan Sirkuit yaitu beautifikasi dan pembangunan jalan ruas Kuta–Ruak hingga di depan SPBU Mandalika.

Jalan dari Simpang Sunggung-Sirkuit juga mendapat perbaikan dan beautifikasi karena sebagian besar alur kedatangan, termasuk pebalap, logistik, dan penonton, akan menggunakan jalan bypass sampai simpang Sunggung untuk menuju ke Sirkuit.

Baca juga: Ban Mobil Lepas Saat Melintas di Bahu Jalan Tol Cipali

Tes Pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, 11-13 Februari 2022.KOMPAS.COM/KARNIA SEPTIA KUSUMANINGRUM Tes Pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, 11-13 Februari 2022.

“Selama tiga hari penyelenggaraan MotoGP akan sangat sibuk, baik itu flow of traffic ataupun flow of travel," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer.

"Diperkirakan ada sekitar 180.000 penonton dalam tiga hari, sehingga benar-benar perlu dipersiapkan infrastruktur penunjang transportasi maupun manajemen lalu lintas yang bagus sehingga alur penonton, pebalap, logistik tim beserta kru dapat berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com