Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Kirim 600 Fortuner ke Australia Tahun Ini

Kompas.com - 16/02/2022, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota menjadi merek otomotif pertama di Indonesia yang melakukan kegiatan ekspor kendaraan bermotor roda empat atau lebih ke Australia, Selasa (15/2/2022).

Fortuner yang berstatus SUV ladder frame, disebut telah memenuhi seluruh ketentuan yang menjadi persyaratan ketat di Negeri Kanguru itu, seperti dalam aspek keselamatan, standar emisi Euro 5, hingga spesifikasi lainnya.

Demikian dikatakan oleh Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam kepada Kompas.com.

Baca juga: Jokowi Lepas Ekspor Toyota Fortuner Buatan Indonesia ke Australia

TMMIN mulai ekspor Toyota Fortuner ke AustraliaTMMIN TMMIN mulai ekspor Toyota Fortuner ke Australia

"Kendaraan bertipe bensin dan standar Euro 5. Spesifikasinya disesuaikan dengan customer needs, jadi beda negara berbeda juga kebutuhannya," kata dia.

"Adapun jumlah kendaraan yang akan diekspor ke Australia hingga tahun ini, berjumlah 600 unit," kata Bob, melanjutkan.

Namun, ia belum menyatakan lebih rinci pembagian jumlah pengkapalan tiap bulannya ke Australia. Termasuk, spesifikasi apa saja yang berbeda dengan yang dipasarkan di Indonesia selain standar Euro.

Meski begitu, dipastikan bahwa Fortuner yang di ekspor ke Australia ini sudah memiliki kandungan lokal (local contain/TKDN) sebesar 75 persen.

Sehingga, bukan hanya mobil Toyota yang akan dipasarkan ke Australia tetapi juga sebagai bukti kemampuan Sumber Daya Manusia yang ikut berada di jalur produksinya, tak terkecuali Industri Kecil Menengah (IKM).

Baca juga: Mulai Ekspor ke Australia, Toyota Ingin Indonesia Menjadi Hub-Ekspor

Presiden Joko Widodo melepas ekspor mobil pertama Indonesia ke Australia di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/2/2022).KOMPAS.com/FARIDA Presiden Joko Widodo melepas ekspor mobil pertama Indonesia ke Australia di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/2/2022).

Adapun ekspor TMMIN pada 2021 sebanyak 119.000 unit kendaraan, atau memiliki porsi 40 persen dari total ekspor otomotif Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan untuk menembus pasar ekspor ke Australia sangat berat dikarenakan memiliki spesifikasi yang ketat terkait spesifikasi bahan bakar, emisi, dan keamanannya.

“Dengan demikian, setelah menembus pasar Australia, Indonesia sudah ekspor ke empat benua di dunia yaitu Amerika, Afrika, Asia, Australia,” jelas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com