Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Mobil Lepas Saat Melintas di Bahu Jalan Tol Cipali

Kompas.com - 16/02/2022, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan salah satu ban terlepas dari mobil SUV berwarna putih di ruas jalan tol.

Berdasarkan keterangan unggahan akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, dijelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi di Tol Cipali arah Jakarta.

Saat kejadian, mobil SUV tersebut sedang melaju pelan di bahu jalan tol, sehingga pengemudi tersebut bisa langsung menghentikan laju mobilnya.

Baca juga: VIdeo Ini Tunjukkan Salah Satu Penyebab Tersering Kecelakaan Motor

Kondisi ini tentu sangat berbahaya bagi pengendara mobil maupun pengguna jalan tol lainnya. Sebab, tidak jarang dari mereka yang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi di jalan tol, sehingga sulit untuk menghindari ban tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, salah satu hal yang bisa menjadi penyebab ban lepas adalah tidak memasang baut atau mur gading-gading roda dengan kencang.

Menurutnya, jika ada satu baut yang terlepas berarti ada kemungkinan baut lain juga dalam kondisi yang sama.

“Kalau satu terlepas itu kemungkinan besar yang lainnya juga longgar, jarang sekali kalau ada satu yang lepas maka yang lainnya masih kencang itu jarang terjadi. Kalau lupa (mengencangkan) satu berarti lupa semuanya,” ujar Suparna belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Maka tidak heran jika ada satu baut yang terlepas, akan menyebabkan baut yang lain juga terlepas. Akibatnya sangat fatal karena bisa saja menyebabkan terjadinya kecelakaan.

“Kalau sampai baut pelek terlepas itu bahaya sekali, akan menyebabkan roda terlepas dari hapnya. Beberapa kasus ban yang menyalip kita, padahal ternyata ban itu adalah dari mobil kita sendiri bahkan sudah sering terjadi,” katanya.

Lepas pasang baut yang terlihat sepele tetap ada aturannyaFoto:Peugeot Lepas pasang baut yang terlihat sepele tetap ada aturannya

Jika hal itu terjadi, maka bukan hanya pemilik mobil saja yang bisa celaka tetapi juga pengendara lainnya. Mengingat, roda yang terlepas dari hapnya tentu akan berjalan tanpa terkendali. Padahal, di jalan raya banyak pengendara lain yang tidak menyadari hal tersebut.

Baca juga: Selain untuk Keamanan, Ini Fungsi Lain Kaca Film pada Mobil

Selain berbahaya, lepasnya baut pada pelek juga berdampak pada kerusakan komponen pada bagian kaki-kaki. Mulai dari hap roda, bearing roda, pelek dan juga kerusakan komponen lainnya.

“Saat roda terlepas, yang namanya hap akan mendapatkan tekanan yang tidak seimbang seperti dipukul-pukul, roda tidak kencang. Komponen yang rusak seperti hapnya pasti rusak, mur roda, pelek dan juga bearing,” ucap Suparna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com