Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Begini Cara dan Biaya Perpanjangan SIM secara Online | Media Asing Sebut Sirkuit Mandalika Mesti Diaspal Ulang

Kompas.com - 16/02/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com—
Kini pengajuan permohonan perpanjangan masa berlaku surat izin mengemudi (SIM) A dan C dapat dilakukan secara daring sejak April 2021. Layanan perpanjangan SIM secara daring ini dinamakan SINAR (SIM Nasional Presisi) yang merupakan bagian dari aplikasi Digital Korlantas Polri.

Perlu diingat, bagi yang akan melakukan perpanjangan masa berlaku SIM tidak memerlukan tes sama sekali baik tes teori, psikotes, ataupun tes praktik. Rangkaian tes tersebut hanya diperlukan untuk pembuatan SIM baru.

Selain itu, tes pramusim MotoGP Mandalika 2022 resmi berakhir pada Minggu (13/2/2022). Meski demikian, ada sejumlah catatan sebelum balapan digelar pada Maret mendatang.

Selama tiga hari, Sirkuit Mandalika mendapat sorotan dari banyak pihak. Termasuk keluhan dari pebalap soal trek yang kotor dan membuat jalan seperti berlumpur di hari pertama setelah hujan.

Sirkuit Mandalika terakhir menggelar balap yakni WSBK 2021. Debu tersebut berasal dari pekerjaan konstruksi di area sirkuit hingga kondisi lintasan sedikit berlumpur.

Berikut daftar 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif, Selasa (15/2/2022):

1. Begini Cara dan Biaya Perpanjangan SIM secara Online

Tampilan aplikasi Digital Korlantas Polri yang mencakup layanan perpanjangan SIM A dan C.Screenshot aplikasi Play Store Tampilan aplikasi Digital Korlantas Polri yang mencakup layanan perpanjangan SIM A dan C.

Untuk lebih jelasnya, berikut tahapan yang harus dilakukan oleh pemohon perpanjangan SIM secara daring:

1. Unduh aplikasi "Digital Korlantas Polri" melalui Google Play Store bagi para pemilik gawai dengan sistem operasi Android. Saat ini, aplikasi tersebut memang belum tersedia untuk pengguna iOS.

2. Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi dan masukkan nomor ponsel beserta alamat e-mail guna verifikasi identitas.

3. Pemohon akan mendapatkan nomor OTP yang dikirim ke nomor ponsel yang telah ditulis. Kode OTP ini yang nantinya dimasukkan pada aplikasi sebagai bukti verifikasi. Lalu masukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP. Nantinya akan dilakukan verifikasi data tersebut melalui face recognition.

Baca juga: Begini Cara dan Biaya Perpanjangan SIM secara Online

2. Media Asing Sebut Sirkuit Mandalika Mesti Diaspal Ulang

Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. Yamahamotogp.com Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

Hal itu bahkan membuat MotoGP memberlakukan putaran wajib untuk membersihkan lintasan. Memang kemudian trek jadi lebih bersih, tapi timbul masalah lain.

Pebalap Aprilia Aleix Espargaro mengatakan, saat tes pramusim ada dua alasan trek jadi tidak nyaman. Pertama ialah tidak bisa menyalip, dan kedua trek licin seperti air.

“Sekarang, tidak mungkin untuk melanjutkan balapan,” kata Aleix kepada The-Race, dikutip pada Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Media Asing Sebut Sirkuit Mandalika Mesti Diaspal Ulang

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com