Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Terapkan Ganjil Genap, Ratusan Mobil Diputar Balik

Kompas.com - 13/02/2022, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Guna mengurangi penyebaran Covid-19, Kota Bandung menerapkan ganjil genap yang diadakan di lima gerbang tol. Tercatat, ratusan mobil diputar balik petugas.

Dari data yang diperoleh pada Jumat (11/2/2022), kendaraan dengan pelat genap yang diputar balik paling banyak dilakukan di gerbang Tol Pasteur.

Di gerbang Tol Pasteur, sebanyak 263 kendaraan roda empat yang berpelat nomor genap diputar balik petugas karena tak memenuhi syarat masuk ke Kota Bandung.

Baca juga: Isi BBM Mobil Jangan Tunggu Tangki Kosong, Ini Alasannya

Petugas gabungan tengah menggelar ganjil genap yang dilaksanakan di gate tol Pasteur, Kota Bandung, Jumat (11/2/2022).KOMPAS.COM/AGIE PERMADI Petugas gabungan tengah menggelar ganjil genap yang dilaksanakan di gate tol Pasteur, Kota Bandung, Jumat (11/2/2022).

Sementara, tercatat ada 239 kendaraan diperbolehkan masuk karena memenuhi syarat. Kendaraan yang diminta memutar balik didominasi plat B asal Jakarta dan sekitarnya.

“Kendaraan berpelat genap yang diputarbalikkan berjumlah 263. Total kendaraan yang diperiksa 601,” ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kuswara, disitat dari NTMC Polri (13/2/2022).

Sementara itu, di gerbang Tol Pasirkoja tercatat ada 76 kendaraan yang diminta untuk memutar balik dan 218 kendaraan yang diperbolehkan masuk.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Debu di Trek Sirkuit Mandalika

Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona.

Selanjutnya, di gerbang Tol Buahbatu, tercatat ada 64 kendaraan yang diputar balik dan 280 kendaraan yang diperbolehkan masuk.

Kemudian, di Tol Moh Toha tercatat ada 108 kendaraan yang diputar balik dan 632 kendaraan yang diperbolehkan masuk karena memenuhi syarat.

Terakhir, di gerbang Tol Kopo tercatat ada 29 unit kendaraan yang diputar balik petugas dan 419 kendaraan yang diperkenankan masuk.

“Kendaraan berpelat genap yang dikecualikan ada 150. Total kendaraan yang diperiksa ada 598,” ucap Asep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com