Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Marka Chevron di Jalan Tol | Jangan Keliru, Ini Perbedaan Air Aki Botol Tutup Biru dan Tutup Merah

Kompas.com - 02/02/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com –Pada saat mengemudi di jalan raya atau jalan tol, pengemudi harus memahami dan mematuhi rambu lalu lintas yang berlaku. Bukan hanya rambu lalu lintas, pengemudi juga harus mengetahu tentang aturan marka jalan.

Ketika melintasi jalan tol, ada satu marka khusus yang umum terlihat di persimpangan menuju pintu keluar tol. Marka ini juga bisa ditemukan di pertemuan jalur masuk dari gerbang tol dengan jalur utama tol tersebut.

Kendaraan yang menggunakan aki basah sebagai komponen penghasil energi listrik perlu perawatan rutin. Agar selalu optimal, pemilik mobil harus menjaga air aki agar tetap sesuai batas yang dianjurkan.

Air aki yang berada di pasaran sendiri terdiri dari dua jenis, yakni air aki tutup biru dan air aki tutup merah. Akan tetapi, baik pemilik motor atau mobil masih banyak yang belum bisa membedakan dua jenis air aki tersebut.

Berikut daftar 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif, Selasa (1/2/2022):

1. Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Marka Chevron di Jalan Tol

Jalan Tol Dalam Kota.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Jalan Tol Dalam Kota.

Marka tersebut dinamakan marka chevron atau marka serong. Marka ini membentuk garis utuh tidak terputus sebagai tanda larangan untuk diinjak atau dilintasi.

Berdasarkan Permenhub Nomor 34 Tahun 2014 tentang Marka Jalan Pasal 1 (4), dijelaskan marka serong adalah marka jalan yang membentuk garis utuh yang tidak termasuk dalam pengertian marka membujur atau marka melintang, untuk menyatakan suatu daerah permukaan jalan yang bukan merupakan jalur lalu lintas kendaraan.

Marka chevron kerap dipasang pada lokasi pertemuan dua jalur guna mencegah terjadinya kecelakaan di jalan tol. Selain itu, di beberapa ruas jalan tol yang rawan kecelakaan juga dipasang marka ini meski tidak ada percabangan jalan.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Marka Chevron di Jalan Tol

2. Jangan Keliru, Ini Perbedaan Air Aki Botol Tutup Biru dan Tutup Merah

Ilustrasi tambah air akiSuparna Ilustrasi tambah air aki

Kandungan dan fungsi dari air aki tutup merah dan tutup biru berbeda. Maka dari itu, kedua jenis aki ini memiliki kegunaan yang berbeda bagi kendaraan.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan jika air aki dengan tutup botol merah adalah air zuur yang memiliki kandungan kimia H2SO4 atau asam sulfat.

“Air aki tutup merah berarti cairan aki H2SO4 yang digunakan saat pertama kali. Tepatnya pada aki basah baru,” katanya baru-baru ini pada kompas.com. 

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Air Aki Botol Tutup Biru dan Tutup Merah

3. Perbaikan Selesai, Sirkuit Mandalika Bebas Genangan Air

Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)FITRI R Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)

Pihak Sirkuit Mandalika terus mematangkan persiapan jelang perhelatan MotoGP pada 18-20 Maret 2022 dan tes resmi yang berlangsung pada 11-13 Februari 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com