Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2022, 11:02 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oli yang dipakai untuk sepeda motor matik atau skutik berbeda dengan sepeda motor manual. Sebelum memakai oli, pengguna motor perlu memperhatikan spesifikasi oli, agar sesuai dengan kebutuhan mesin.

Untuk membedakan komponen oli, umumnya ada kode JASO dan API service yang harus diperhatikan agar oli sesuai dengan spesifikasi mesin motor.

Oli dengan kode JASO MA digunakan untuk kopling basah yang ada pada motor kopling. Sedangkan oli dengan kode JASO MB digunakan untuk skutik atau motor dengan kopling kering.

Baca juga: Kenali Waktu dan Ritual Membersihkan Rantai Motor yang Benar

Lantas, apakah boleh motor manual diberikan oli dengan kode JASO MB atau motor kopling kering?

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, oli harus diberikan pada sepeda motor sesuai dengan spesifikasinya.

"Tidak boleh! Karena oli matik itu JASO MB. Kalau motor manual, JASO MA," jelas Endro pada Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Oli untuk skutik tidak memiliki kandungan aditif anti-slip kopling, dan karakternya lebih licin. Karena, kopling pada skutik tidak terendam oli.

Seorang mekanik sedang melakukan ganti oli motor dengan produk oli motor X-Ten untuk motor harian dengan daya tahan tinggi.X-Ten Seorang mekanik sedang melakukan ganti oli motor dengan produk oli motor X-Ten untuk motor harian dengan daya tahan tinggi.

Menyitat Delta Lube, motor manual yang diberikan oli untuk skutik malah dapat membuat kopling menjadi slip karena terlalu licin.

Kepala Bengkel Bintang Motor Depok, Ribut Wahyudi mengatakan oli skutik yang dipakai untuk motor manual justru dapat membuat performa mesin tidak maksimal.

"Oli manual dipakai motor matik tidak ada masalah. Oli matik dipakai manual cenderung dapat menyebabkan koplingnya selip. Tentunya, performa mesin tidak maksimal," katanya pada Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Baca juga: Diler Honda Mulai Buka Keran Pemesanan All New HR-V

Hal ini disebabkan oleh komponen oli skutik yang lebih diformulasikan untuk mengurangi gesekan pada mesin.

Sedangkan motor matik aman jika dipakaikan oli untuk motor manual. Karena, kebanyakan skutik saat ini menggunakan kopling kering.

Oli pun tidak akan mengganggu kinerja kopling, karena kinerjanya hanya memberikan perlindungan internal terhadap mesin motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com