Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus Honda RC213V 2022, Tingkatkan Traksi Roda Belakang

Kompas.com - 27/01/2022, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang tes pramusim 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Honda mengungkap motor baru RC213V akan berbeda dari tahun lalu. Honda memperbaiki banyak aspek di motor baru.

Takeo Yokoyama, Direktur Teknis Honda, mengatakan, RC213V 2022 merupakan revolusi dibandingkan dengan motor lain dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Pentingnya Memilih Bahan Bakar yang Sesuai Kompresi Mesin

Honda RC213VFoto: Box Repsol Honda RC213V

“Kami ingin memenangkan gelar. Kami bekerja untuk sedikit meningkatkan segalanya. Ini adalah desain ulang besar, ketika hasilnya negatif, lebih mudah untuk membuat perubahan radikal daripada ketika Anda menang,” katanya mengutip Tuttomotoriweb.it, Kamis (27/1/2022).

Salah satu aspek yang disempurnakan ialah cengkeraman dengan ban belakang, yakni titik lemah motor dalam beberapa musim terakhir.

Takeo mengatakan, Honda berusaha membuat motor yang dapat memaksimalkan ban Michelin. Hasilnya di Jerez lalu para pembalap menyatakan cukup puas dengan prototipe baru.

Baca juga: Parkir Mobil Transmisi Matik di Tanjakan, Jangan Cuma Pakai Gigi P

Stefan Bradl  jajal Honda RC213V 2021 di Sirkuit Jerez, Spanyol.Foto: Paddock-GP.com Stefan Bradl jajal Honda RC213V 2021 di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Pabrikan berlambang sayap mengepak itu melakukan pengembangan di bidang mesin. Seperti diketahui selama dua tahun, tim MotoGP tidak melakukan pengembangan mesin.

Pengembangan ini merupakan langkah antisipasi Honda agar tidak terlalu tergantung dengan Marc Marquez, dan memberikan porsi motor yang sesuai dengan pembalap lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com