Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Tongkrongan Suzuki Jimny Makin Jangkung

Kompas.com - 25/01/2022, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Jimny cukup dikenal dengan ketangguhannya di medan offroad, meskipun memiliki ukuran dan kapasitas mesin yang kecil.

Tidak jarang pemilik kendaraan yang mengubah sektor kaki-kaki Suzuki Jimny untuk memenuhi kebutuhan offroad dengan medan berat.

Salah satu yang kerap dilakukan pemilik kendaraan adalah meninggikan mobil Jimny dengan cara Spring Over Axle (SPOA). Pada awalnya suspensi daun di Jimny memiliki posisi di bawah gardan depan dan belakang, dengan SPOA, dudukan suspensi dipindah ke bagian atas gardan.

Baca juga: Biaya Restorasi Jimny Lawas, Mulai Rp 50 Juta

SPOA juga dapat meninggikan mobil 4-6,5 inci. Namun, prosesnya tidak semudah penjelasannya, harus dikerjakan oleh tenaga profesional.

Denis Emmanuel, pemilik dari bengkel spesialis modifikasi dan restorasi Jimny, MMC 4x4 mengatakan, untuk melakukan SPOA, banyak hal yang harus diubah. Penyesuaian yang dilakukan tidak boleh asal, dan harus dihitung secara teliti.

modifikasi jimnyKompas.com/Fathan Radityasani modifikasi jimny

“Semua hal yang berhubungan dengan suspensi dan kemudi, bahkan rem harus diperhatikan dan disesuaikan tanpa kecuali. Harus detail,” ucap Dennis saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Dennis menambahkan, di bengkel MMC 4x4 sendiri melakukan konversi SPOA dengan mengganti 34 suku cadang yang baru dan custom.Mulai dari spring set, damper set, tie rod, steering ball joint, dan masih banyak lagi.

Tersedia juga dua paket konversi SPOA stage 1 dan stage 2, yang membedakan adalah merk per daun dan dampers-nya.

Baca juga: Tips Beli Jimny Bekas untuk Modifikasi atau Restorasi

“Parts yang diganti ada 34 item, baru dan kustom. Untuk stage 1 menggunakan per daun Original Equipment Manufacturer (OEM) dari Suzuki Genuine Part (SGP) dan dampers dari Kayaba Excel-G. Sedangkan stage 2 menggunakan per daun premium merek Old Man Emu (OME) medium dengan 1,5 inci lift up dan dampers merek OME Sport LTR atau Bilstein B6 4600 OR,” kata Denis.

Adapun modifikasi SPOA stage 1 bisa menambah tinggi mobil 4-5 inci dan bisa untuk ban sampai ukuran 30 inci. Sedangkan stage 2 bisa menambah tinggi sampai 6,5 inci, dengan ukuran ban bisa sampai 31 inci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com