Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu Lintas Makin Padat, Mungkinkah Ganjil Genap DKI Diperluas?

Kompas.com - 11/01/2022, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun baru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap memberlakukan penerapan sistem ganjil genap hanya di 13 wilayah.

Walau bila melihat kenyataannya kondisi lalu lintas di Jakarta kembali padat, sejauh ini belum ada rencana untuk menambah jumlah lokasi ganjil genap.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, berdasarkan pantauan pada 13 lokasi ganjil genap kondisinya masih normal, walaupun setelah penerapan selesai lalu lintas akan kembali padat.

"Sejauh ini ganjil genap masih tetap berlangsung di 13 lokasi dengan dua skema, pagi dan sore. Saat penerapan memang cenderung normal, tapi setelah itu ada kepadatan yang terjadi," ujar Syafrin saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/1/2022).

Baca juga: Tanpa Diskon Pajak, Masih Ada Pilihan MPV Murah di Bawah Rp 200 Juta

Ganjil Genap Jakarta Diperluas Jadi 13 TitikKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Ganjil Genap Jakarta Diperluas Jadi 13 Titik

Tak hanya itu, Syafrin juga menjelaskan, kondisi lalu lintas saat penerapan ganjil genap juga berimbas pada kemacetan yang di ruas-ruas jalan alternatif. Hal tersebut karena peralihan titik kemacetan, terutama di pagi dan sore hari saat pembatasan mobil pribadi dilakukan.

Guna mengatasi hal tersebut, Dishub Jakarta masih melakukan sejumlah kajian dan evaluasi, serta meminta masyarakat untuk melakukan aktivitas dengan menggunakan transportasi umum.

Sementara ketika ditanya soal upaya pencegahan terkait masuknya varian baru dari Covid-19, Syafrin hanya menjelaskan fokus pemerintah saat ini lebih ke pengetatan protokol kesehatan.

Baca juga: Toyota Fortuner Baru Segera Meluncur, Harga Bekasnya Mulai Rp 130 Jutaan

"Intinya kami tetap melakukan evaluasi, terutama terkait kepadatan yang terjadi, baik setelah jam penerapan ganjil genap dan juga yang terjadi di jalan alternatif," ujar Syafrin.

Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.

"Pola saat ini kami mengedepankan protokol kesehatan, terutama di transportasi umum dengan mewajibkan calon penumpang melakukan scan barcode PeduliLindungi, termasuk di seluruh terminal juga," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com