Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Balap Motor Liar Digelar di Ancol Awal 2022

Kompas.com - 23/12/2021, 06:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya akhirnya menggelar diskusi bersama komunitas pebalap liar di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Bertemakan Street Race, dalam kesempatan itu turut hadir Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran untuk mendengarkan secara langsung tanggapan komunitas balap liar sembari menceritakan pengalamannya dalam tangani hal terkait.

“Kenakalan remaja biasa dari zaman saya Kapolsek Tanah Abang tahun 2002 berarti 21 tahun lalu,” kata dia.

Baca juga: Jalan Tol Dalam Kota Berpotensi Macet Saat Natal dan Tahun Baru

Warga Kota Tasikmalaya malah ngabuburit sambil nonton balap liar meski Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman melarang ngabuburit saat masa pandemi corona, Jumat (1/5/2020).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Warga Kota Tasikmalaya malah ngabuburit sambil nonton balap liar meski Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman melarang ngabuburit saat masa pandemi corona, Jumat (1/5/2020).

Menurut Fadil, semasa menjabat kapolsek dia kerap menjumpai aktivitas balap liar setiap malam minggu di Jalan Asia Afrika dan Jalan Gerbang Pemuda. Dia mengaku pusing dengan kegiatan tersebut.

“Setiap malam minggu di Jalan Asia Afrika dan Jalan Gerbang Pemuda itu saya dipusingkan balapan subuh dini hari. Karena di situ ada Hotel Mulia, 20 tahun lalu itu sudah ada,” ujar Fadil.

Melihat fenomena tersebut, terbesitlah ide untuk menciptakan lomba untuk pembalap liar. Menurutnya dengan merangkul semua pihak akan tercipta solusi yang tepat.

Baca juga: Toyota Setop Produksi 5 Pabrik di Jepang, Berpengaruh ke Indonesia?

Rencananya lomba untuk pembalap liar tersebut akan diadakan di Ancol pada 15 Januari 2022 dan dilaksanakan 4 kali dalam setahun.

“Saya kemudian bertanya dalam hati saya, pak kapolres ini tak kunjung selesai dari pangkat letnan dua sampai bintang 2 tak selesai bagaimana kita bisa menyelesaikan ini bisa lebih baik,” kata Fadil.

“Nanti di sana ada format road race dengan serius. Direncanakan ada 4 race dalam 1 tahun di mulai Ancol pada 15 Januari 2022,” lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com