Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cepat Bersihkan Noda di Jok Mobil, Pakai Sabun Bayi

Kompas.com - 22/12/2021, 18:51 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang akhir tahun, akan banyak orang yang mulai pergi berlibur menggunakan kendaraan pribadi, khususnya mobil. Jika membawa anak-anak untuk perjalanan jauh, hal-hal seperti jok ketumpahan makanan ataupun minuman mungkin tidak dapat dihindari.

Bahan makanan atau minuman yang tumpah dapat meninggalkan noda yang susah dihilangkan pada jok mobil, terlebih yang menggunakan bahan fabric (kain).

Jok juga bisa mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Kemudian, bekas tumpahan tersebut dapat mengundang semut. Jika tidak segera dibersihkan, semut dapat merusak lapisan jok mobil.

Bekas makanan dan minuman yang tumpah ke jok harus segera dibersihkan agar tidak merusak jok. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan jok mobil.

Baca juga: Toyota Setop Produksi 5 Pabrik di Jepang, Berpengaruh ke Indonesia?

Pemilik Vertue Concept Interior, Edy, mengatakan bahwa jok berbahan fabric yang kena tumpahan air sebaiknya segera dikeringkan menggunakan hairdryer, karena sifatnya mudah menyerap.

“Kalau bekas ketumpahan air dibiarkan lama, dia akan meninggalkan noda. Cara bersihkan noda di jok fabric terbilang lumayan mudah. Tinggal parut sabun batang (sabun bayi) lalu campur dengan air hangat,” terangnya pada Kompas.com, Rabu (22/12/2021).

Campuran pembersih, lanjut Edy, dibuat agak cair untuk kemudian dijadikan pembersih. “Tuang cairan pembersih ke kain permukaan halus, dan gosok bagian jok yang bernoda pelan-pelan. Jok fabric ini kan bahannya tenunan ya. Nah, kalau satu benang putus karena gosok terlalu kasar, kerusakan ini bisa melebar ke bagian lain,” paparnya.

Ilustrasi jok mobil.Peugeot Ilustrasi jok mobil.

Alternatif lain untuk membersihkan jok mobil berbahan fabric adalah mencopot fabric dari joknya untuk di-laundry.

Hal yang sama juga bisa dilakukan terhadap jok berbahan kulit. “Sabun baby Ph-nya seimbang, jadi aman untuk jok lapis kulit,” ujarnya.

Cara-cara ini patut dicoba sebelum membawa jok ke salon mobil. Harga untuk membersihkan noda jok di salon mobil terbilang mahal.

“Untuk membersihkan noda jok sendiri, harganya sekitar Rp 1 juta sampai Rp 3 juta,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com