Kompas.com - 22/12/2021, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang akhir tahun, akan banyak orang yang mulai pergi berlibur menggunakan kendaraan pribadi, khususnya mobil. Jika membawa anak-anak untuk perjalanan jauh, hal-hal seperti jok ketumpahan makanan ataupun minuman mungkin tidak dapat dihindari.

Bahan makanan atau minuman yang tumpah dapat meninggalkan noda yang susah dihilangkan pada jok mobil, terlebih yang menggunakan bahan fabric (kain).

Jok juga bisa mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Kemudian, bekas tumpahan tersebut dapat mengundang semut. Jika tidak segera dibersihkan, semut dapat merusak lapisan jok mobil.

Bekas makanan dan minuman yang tumpah ke jok harus segera dibersihkan agar tidak merusak jok. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan jok mobil.

Baca juga: Toyota Setop Produksi 5 Pabrik di Jepang, Berpengaruh ke Indonesia?

Pemilik Vertue Concept Interior, Edy, mengatakan bahwa jok berbahan fabric yang kena tumpahan air sebaiknya segera dikeringkan menggunakan hairdryer, karena sifatnya mudah menyerap.

“Kalau bekas ketumpahan air dibiarkan lama, dia akan meninggalkan noda. Cara bersihkan noda di jok fabric terbilang lumayan mudah. Tinggal parut sabun batang (sabun bayi) lalu campur dengan air hangat,” terangnya pada Kompas.com, Rabu (22/12/2021).

Campuran pembersih, lanjut Edy, dibuat agak cair untuk kemudian dijadikan pembersih. “Tuang cairan pembersih ke kain permukaan halus, dan gosok bagian jok yang bernoda pelan-pelan. Jok fabric ini kan bahannya tenunan ya. Nah, kalau satu benang putus karena gosok terlalu kasar, kerusakan ini bisa melebar ke bagian lain,” paparnya.

Ilustrasi jok mobil.Peugeot Ilustrasi jok mobil.

Alternatif lain untuk membersihkan jok mobil berbahan fabric adalah mencopot fabric dari joknya untuk di-laundry.

Hal yang sama juga bisa dilakukan terhadap jok berbahan kulit. “Sabun baby Ph-nya seimbang, jadi aman untuk jok lapis kulit,” ujarnya.

Cara-cara ini patut dicoba sebelum membawa jok ke salon mobil. Harga untuk membersihkan noda jok di salon mobil terbilang mahal.

“Untuk membersihkan noda jok sendiri, harganya sekitar Rp 1 juta sampai Rp 3 juta,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.