Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balap Formula E Jakarta Bakal Digelar di Ancol

Kompas.com - 22/12/2021, 16:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Balap Formula E di Jakarta akhirnya mendapat kepastian lokasi acara. Setelah sempat santer diberitakan bakal berlangsung di kawasan Monas, kabar terbaru menyebutkan bahwa kompetisi mobil listrik ini siap digelar di Ancol.

Kepastian ini didapat setelah Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA) memutuskan lokasi lintasan atau sirkuit balap Formula E di Ancol, Jakarta Utara.

Ahmad Sahroni, Ketua Pelaksana atau Organizing Committee (OC) Formula E, mengatakan, ajang balap tersebut bakal dilaksanakan di sirkuit bernama Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell dan Vivo, Siapa Paling Murah?

Balap Formula E, balap mobil listrik Balap Formula E, balap mobil listrik

“Baru tadi pagi diberikan persetujuan sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta adalah di Ancol,” ujar Sahroni, dikutip dari Antara (22/12/2021).

Sahroni juga mengatakan, penentuan lokasi sirkuit Formula E telah melewati serangkaian kajian yang mendalam dari FEO dan FIA.

Adapun alasan mengenai pemilihan sirkuit tersebut, menurut Sahroni, pertama karena Ancol adalah tempat yang dinamis dan juga merupakan ikon Kota Jakarta. Sedangkan tempatnya tidak menggaggu masyarakat karena tertutup dari akses jalanan umum.

Baca juga: Prihatin Melihat Kondisi Repsol Honda Sekarang

Kalender balap Formula E 2022 Dok. FIA Kalender balap Formula E 2022

Sirkuit baru ini kabarnya akan memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer, lebar 12 meter, dan treknya membentuk kuda lumping jika dilihat dari atas.

“Filosofi kuda lumping ini adalah warisan nasional, terus masalah ikonik Jakarta di sebelah kanan itu ada Jakarta International Stadium,” ucap Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Widi Amanasto.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali, mengatakan, Ancol selain menjadi arena rekreasi terbesar di Indonesia, juga dalam sejarahnya pernah digunakan sebagai lintasan balap.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Fokus Berbenah Jelang MotoGP 2022

Pengunjung yang hendak masuk ke Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara, Jumat (14/5/2021). Foto diambil di Pintu Barat Ancol.KOMPAS.COM/ IRA GITA Pengunjung yang hendak masuk ke Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara, Jumat (14/5/2021). Foto diambil di Pintu Barat Ancol.

“Jadi, tahun terakhir balapan itu 1990, dimulai tahun 1970. Arealnya itu dari sini (Pantai Karnaval) sampai dengan nanti Gerbang Timur,” kata Teuku.

“Jadi, Ancol ditunjuk sebagai lokasi E-Prix ini akan me-review pengalaman nostalgia balap mobil di Ancol,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com