Efek Erupsi, Kendaraan Menuju Jember-Malang Disarankan Lewat Probolinggo

Kompas.com - 05/12/2021, 17:21 WIB
Warga mengamati truk pengangkut pasir yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Akibat awan panas guguran Gunung Semeru tersebut puluhan rumah warga rusak dan ratusan warga mengungsi. ANTARA FOTO/ZABUR KARURUWarga mengamati truk pengangkut pasir yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Akibat awan panas guguran Gunung Semeru tersebut puluhan rumah warga rusak dan ratusan warga mengungsi.
|

MALANG, KOMPAS.com - Suasana gelap menyelimuti sejumlah wilayah di sekitar area kaki Gunung Semeru sebagai dampak dari kabut abu vulkanik terpantau masih terjadi.

Sejalan dengan hal tersebut, Satlantas Polres Lumajang diterjunkan untuk melakukan pengamanan. Mengingat, aktivitas vulkanik masih menunjukkan peningkatan.

Adapun salah satu pengamanannya dengan melaksanakan penutupan dan pengalihan di beberapa lajur Lumajang menuju Malang guna antisipasi terjadinya banjir lahar.

Baca juga: Terkena Abu Vulkanik, Klaim Asuransi Kendaraan Bisa Tidak Disetujui

Warga menyelamatkan diri saat Gunung Semeru meletus di Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021). Gunung Semeru meletus dan mengeluarkan awan panas yang mengakibatkan hujan abu di Kabupaten Lumajang dan Malang. ANTARA FOTO/Hermawan/sen/rwa.SENO Warga menyelamatkan diri saat Gunung Semeru meletus di Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021). Gunung Semeru meletus dan mengeluarkan awan panas yang mengakibatkan hujan abu di Kabupaten Lumajang dan Malang. ANTARA FOTO/Hermawan/sen/rwa.

“Getaran banjir lahar atau guguran awan panas tercatat mulai pukul 14.47 WIB dengan amplitudo maksimal 20 milimeter-24 milimeter Seismograf," kata Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, Sabtu (4/12/2021).

"Sudah kita kerahkan personel dari Satlantas, mereka akan melakukan pengalihan dan penutupan di beberapa jalur,” lanjutnya.

Sebelumnya, petugas disebut sudah dilakukan mapping lokasi aliran lahar erupsi Semeru. Melalui diskusi dan menimbang risiko yang terjadi, semua kendaraan dari arah Malang dengan tujuan Lumajang diminta untuk putar balik.

Begitu pula dari arah Lumajang menuju Malang. Sementara kendaraan dari arah Jember menuju Malang dan sebaliknya, disarankan lewat Probolinggo.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, Ini Cara Bersihkan Mobil Usai Kena Abu Vulkanik

Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi. Gunung Semeru meletus pada hari ini, Sabtu (4/12/2021) siang. TWITTER Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi. Gunung Semeru meletus pada hari ini, Sabtu (4/12/2021) siang.

“Kami sengaja menutup beberapa titik lalu lintas terutama di jalur Lumajang menuju Malang, kami lakukan penutupan di Simpang empat Tempeh dan Jalur Malang via Ranupane," kata Eka.

"Sejak dari jalur masuk Kota Lumajang di Wonorejo hingga titik penutupan kami sudah pasang papan-papan imbauan dan petunjuk arah,” tambah dia.

Pada kesempatan sama, Eka menambahkan, selain memberikan imbauan dengan papan petunjuk, pihaknya juga menyiagakan petugas pada titik-titik tersebut.

"Saya berharap dengan adanya petunjuk ini, masyarakat bisa mengantisipasi dan merencanakan perjalanannya dengan aman dan nyaman, tentunya jauh dari wilayah terdampak erupsi Semeru,” ujar Eka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.