Masih Banyak yang Belum Tahu, Ini Bedanya MotoGP dan WSBK

Kompas.com - 13/11/2021, 11:02 WIB
Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Algarve 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP) PATRICIA DE MELO MOREIRAJoan Mir saat berlaga pada MotoGP Algarve 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Internasional Mandalika baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Jumat (12/11/2021). Bukan cuma sekadar acara seremonial, Jokowi turut menjajal sendiri aspal sirkuit tersebut dengan menunggangi sepeda motor kustomnya.

Sirkuit ini bakal jadi venue balapan World Superbike (WSBK) pada 19-21 November mendatang. Tidak cuma itu, MotoGP pun rencananya turut digelar di Sirkuit Mandalika tahun depan, tepatnya pada Maret 2022.

Masih banyak yang belum paham, apa perbedaan antara MotoGP dan WSBK? Terutama melihat keduanya yang sama-sama merupakan ajang balap motor bergengsi di dunia.

Baca juga: Kepincut Honda CB150X? Ini Harga dan Jadwal Pengirimannya

Jika dilihat secara sederhana, MotoGP menggunakan mesin balap prototipe yang dibuat khusus alias bukan motor produksi massal. Sementara WSBK menggunakan motor produksi massal dengan rombakan khusus untuk balapan.

Menyitat BikesRepublic dan Redbull, berikut penjelasan lebih rinci mengenai perbedaan kedua balapan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rider Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu saat beraksi di Kejuaraan Dunia WSBK 2021.WSBK Rider Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu saat beraksi di Kejuaraan Dunia WSBK 2021.

Anggaran

Di MotoGP, anggaran belanja tiap tim terhitung lebih tinggi ketimbang WSBK. Tiap tim di MotoGP bisa mengeluarkan dana sebanyak yang mereka mau untuk motor balapnya, pengujian, perlengkapan, gaji staf, dan lainnya.

Berbeda dengan tim yang berkompetisi di WSBK, pengeluaran tim untuk motor, pembalap, hingga research and development (R&D) semuanya terbatas.

Baca juga: Sudah Dibuka untuk Umum, Ini Cara Beli dan Harga Tiket GIIAS 2021

Konstruksi

MotoGP dan WSBK mematuhi beragam aturan teknis yang sudah ditetapkan oleh Dorna selaku pemegang hak komersial kedua balapan tersebut, serta FIM sebagai induk olahraga balap sepeda motor dunia. Aturan dibuat agar kompetisi berjalan seadil mungkin.

Di MotoGP, pembatasan lebih sedikit dibanding WSBK. Tiap tim lebih fleksibel merancang konstruksi mesin dan sasis yang akan dipakai. Motor di MotoGP juga menggunakan material ringan seperti serat karbon, titanium, hingga paduan magnesium.

Lantas di WSBK, lebih terbatas. Semua motor yang berlaga wajib mempertahankan konstruksi dan desain sasis produk aslinya. Penggunaan material seperti serat karbon, titanium, dan paduan magnesium turut dibatasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.