Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ARRC 2021 Batal Digelar karena Ketatnya Larangan Bepergian

Kompas.com - 24/10/2021, 09:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap World Superbike (WorldSBK) dan MotoGP tetap digelar di tengah pandemi. Namun, untuk Asia Road Racing Championship (ARRC) harus kembali mengalami pembatalan.

Terlepas dari sudah dilakukannya vaksinasi dan menurunnya kasus Covid-19, tapi beberapa negara masih memberlakukan larangan bepergian di 2021. Kondisi ini berdampak juga pada ARRC.

Baca juga: Kawasaki Ninja 250 4-Silinder Disiapkan untuk ARRC

Setelah berbulan-bulan penundaan dan pembatalan, FIM ARRC akhirnya resmi ditiadakan untuk musim 2021 ini. ARRC sendiri terdiri dari beberapa kelas balap, seperti Asia Superbike 1000, Supersport 600, Asia Production 250, dan Underbone 150.

Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Irfan Ardiansyah, berpeluang meraih gelar juara Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 kelas Asia Production (AP) 250.AHRT Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Irfan Ardiansyah, berpeluang meraih gelar juara Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 kelas Asia Production (AP) 250.

ARRC sudah ditunda sejak Juni 2021 dengan total enam seri musim ini. Dua seri di Malausia, satu seri di China, satu seri di Australia, dan dua seri di Thailand.

Direktur Two Wheels Motor Racing Ron Hogg, mengatakan, pembatasan di antara negara-negara Asia lebih ketat dibandingkan dengan kawasan lain seperti Eropa.

Baca juga: Pebalap AHRT Raih Podium di Seri Perdana ARRC 2019

“Menyatukan grid akan menjadi urusan yang sangat mahal, terutama dengan prosedur karantina yang diperlukan ketika tim pulang ke negara masing-masing," ujar Ron, dikutip dari Rideapart.com, Minggu (24/10/2021).

Pebalap AHRT di ajang ARRC 2018.ISTIMEWA Pebalap AHRT di ajang ARRC 2018.

Sayangnya, seri pertama Malaysia ditunda tanpa batas waktu karena Covid-19. Sementara ARRC, langsung membatalkan balapan China dan Australia karena pembatasan perjalanan. Dengan empat seri, tidak masuk akal untuk maju dengan dua seri terakhir yang diselenggarakan di Thailand.

Sekarang penyelenggara balapan telah membatalkan musim 2021 yang tidak dapat diselamatkan dan dapat fokus pada kalender 2022 mendatang.

"FIM Asia mendukung keputusan FIM Asia Road Racing Championship untuk membatalkan musim 2021. Saya sama kecewanya dengan orang lain tentang keputusan yang tak terhindarkan ini. Namun, mari kita nantikan tahun yang hebat di 2022,” kata Presiden FIM Asia Stephan Carapiet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com