Sepeda Motor Terbakar, Diduga Akibat Simpan Ponsel dalam Bagasi Jok

Kompas.com - 24/10/2021, 08:41 WIB
Tangkapan layar video sepeda motor terbakar di tengah persimpangan jalan di Semarang, Sabtu (23/10/2021) Akun Instagram @infokejadiansemarangTangkapan layar video sepeda motor terbakar di tengah persimpangan jalan di Semarang, Sabtu (23/10/2021)

SEMARANG, KOMPAS.com - Belum lama ini beredar unggahan video di media sosial memperlihatkan sebuah sepeda motor skuter matik terbakar di tengah persimpangan jalan raya.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @infokejadiansemarang, Sabtu (23/10/2021), nampak api cepat membesar hingga melalap sebagian besar komponen motor. Diduga api muncul akibat pengendara menyimpan ponselnya di dalam bagasi bawah jok motor.

Menurut Mamal Syahrudin, Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong, kebakaran akibat menaruh ponsel dalam bagasi bawah jok motor bisa saja terjadi.

Baca juga: Resmi, Mulai Senin Ganjil Genap Jakarta Diperluas Jadi 13 Titik

Pasalnya, dalam kondisi normal di luar ruangan saja yang suhunya sekitar 31 derajat hingga 33 derajat celcius, ponsel terkadang mengalami overheat.

“Masalahnya ada di handphone bukan di motornya. Karena handphone bisa menimbulkan reaksi panas. Sementara di bagasi itu kan dekat bensin dan jok itu di dalamnya ada busa. Sehingga kalau handphone meledak bisa cepat terbakar,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Kejadian Semarang (@infokejadiansemarang)

Pada kesempatan yang berbeda, Rendy, Kepala Bengkel Yamaha Permata Motor Kebayoran Lama turut membenarkan bahwa ponsel yang ditaruh di dalam bagasi bawah jok motor bisa meledak, karena mesin motor dalam kondisi panas.

Baca juga: Model Barunya Bocor, Bagimana Nasib Penjualan Avanza Lawas?

“Belum lagi jika motor dalam posisi diam alias tidak bergerak, seperti di kemacetan. Suhu dalam bagasi bisa saja bertambah karena berada di ruangan tertutup,” ujar Rendy.

Kebiasaan menyimpan ponsel di bagasi bawah jok motor memang umum dilakukan oleh banyak pengemudi. Sebab tempat tersebut dinilai aman, terutama jika sedang berkendara di tengah cuaca hujan.

Apabila memang harus menaruh ponsel di dalam bagasi tersebut, sebaiknya memastikan bahwa ponsel dalam keadaan mati agar tetap aman.

“Untuk berjaga-jaga, sebaiknya matikan daya ponsel. Serta alasi dengan plastik atau kain untuk mengurangi panas yang disebabkan mesin motor,” kata Rendy menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.