Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Truk Trailer Terjadi Lagi, Ini Beberapa Masalahnya

Kompas.com - 19/10/2021, 13:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan yang melibatkan truk trailer belakangan ini sering terjadi. Misalnya seperti di Cipularang, truk trailer menimpa Hyundai Palisade, selain itu ada juga Toyota Fortuner yang tertimpa truk trailer yang terguling.

Pagi ini, baru juga kejadian truk trailer yang terguling di Simpang Susun Cawang. Truk yang menutupi jalan ini membuat kemacetan yang parah menuju Cikampek, jadi harus dialihkan ke Jagorawi.

Mengenai ramainya kecelakaan yang melibatkan truk trailer, ada beberapa masalah yang sering ditemui pada truk panjang ini di Indonesia. Ada beberapa temuan yang sering terlihat pada truk trailer yang banyak berjalan di Indonesia.

Baca juga: Viral, Video Emak-emak Dasteran Terabas Tanjakan Terjal

Kecelakaan truk terguling yang menimpa Hyundai Palisade di Tol Cipularang (16/10/2021).Screenshot Instagram @infobandungkota Kecelakaan truk terguling yang menimpa Hyundai Palisade di Tol Cipularang (16/10/2021).

Ahmad Wildan, Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengatakan, truk trailer adalah kendaraan ganda yang sistem pengeremannya berbeda dibanding kendaraan tunggal.

“Di truk trailer ada dua sistem rem, rem tractor head (kepala truk) dan rem trailer. Sumber anginnya tetap satu dari tractor head yang didistribusikan ke trailernya,” ucap Wildan kepada Kompas.com, Selasa (19/10/2021).

KNKT sering menemui beberapa trailer yang hanya dilengkapi sistem rem pada tractor head-nya saja. Jadi trailernya tidak memiliki rem dan ini sering ditemui di sekitar kawasan pelabuhan Tanjung Priok.

Baca juga: Begini Efeknya jika Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa pada Ban

“Saya juga menemukan beberapa trailer yang tidak dilengkapi dengan emergency brake. Efeknya, saat rem tangan truk ditarik, trailer masih mendorong tractor head,” kata Wildan.

Selain itu, masih sering juga ditemui tractor head yang tidak sesuai dengan trailer yang dia tarik. Misalnya untuk tractor head enam roda, menarik trailer 40 feet, ini seharusnya tidak boleh, karena tidak akan kuat ketika menemui tanjakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com