Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Mesin Toyota Veloz GR Limited yang Sama Saja

Kompas.com - 19/10/2021, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comVeloz GR Limited merupakan salah satu model Toyota yang ikut mendapatkan sentuhan tema Gazoo Racing (GR) yang dijual terbatas. Toyota menyatakan, Veloz GR Limited hanya dijual 3.700 unit saja sampai akhir tahun ini.

Selain itu, varian GR Limited ini memiliki dua pilihan mesin, 1.300 cc dan 1.500 cc. Keduanya merupakan mesin bensin empat silinder segaris dengan teknologi dual VVT-I dengan penggerak roda belakang.

Kali ini Kompas.com mendapat kesempatan untuk mengetes Veloz GR Limited 1.500 cc selama beberapa hari. Kali ini yang akan dibahas adalah sektor mesin dari mobil yang memiliki julukan mobil sejuta umat di Indonesia.

Baca juga: Mobil Listrik Jangan Sampai Jadi Timbunan yang Tidak Terpakai


Varian GR Limited sepertinya lebih fokus pada ubahan tampilan di eksterior dan interior saja, karena mesinya sama saja dengan model sebelumnya. Bahkan sekadar kosmetik seperti emblem GR pun tidak ada di dalam ruang mesin.

Secara spesifikasi, mesin ini memiliki isi silinder 1.496 cc yang menghasilkan tenaga 104 PS atau setara 102,5 TK di 6.000 rpm dan torsi maksimum 136,3 Nm di 4.200 rpm.

Seluruh tenaga tadi dialirkan ke roda belakang atau istilahnya Rear Wheel Drive (RWD). Veloz GR Limited ini bisa dibilang menjadi generasi Avanza RWD terakhir, karena kabarnya untuk generasi terbaru bakal menggunakan Front Wheel Drive (FWD) atau penggerak roda depan.

Baca juga: Viral, Video Emak-emak Dasteran Terabas Tanjakan Terjal

Mesin Veloz GR LimitedKOMPAS.com/ADITYO WISNU Mesin Veloz GR Limited

Soal tenaganya, sangat cukup untuk pemakaian sehari-hari. Soal konsumsi bahan bakarnya, setelah digunakan kurang lebih 100 km, kami mendapatkan konsumsi bahan bakar 13,4 km/liter berdasarkan Multi Information Display (MID).

Konsumsi bahan bakar tersebut didapatkan setelah melewati kondisi jalanan yang beragam, mulai dari jalan bebas hambatan sampai macet saat jam pulang kerja. Jika dilihat, konsumsi bahan bakar tadi cukup standar untuk mobil Low MPV dengan mesin 1.500 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com