Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Honda Puji Marc Marquez, Bukan Pebalap yang Money Oriented

Kompas.com - 27/09/2021, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

CERVERA, KOMPAS.com - Musim lalu marc Marc Marquez bsa dikatakan absen selama setahun. Usai kecelakaan di awal seri dia harus istirahat untuk memulihkan cedera.

Praktis selama satu musim Marc tidak ikut balapan. Situasi itu mau tidak mau membawa kerugian buat Honda, karena selain pebalapnya tidak bisa balapan tapi juga pengembangan motor ikut terkendala.

Untuk itu Marc bersedia mendapat pengurangan gaji. Apalagi paddock MotoGP sempat diguncang isu pandemi Covid-19.

Baca juga: Ternyata Ini Arti Kode R pada Profil Ban Mobil

Alberto PuigFoto: gpxtra.com Alberto Puig

“Saya belum balapan sepanjang tahun, saya belum melakukan bagian saya, jadi saya mengatakan kepada mereka untuk membayar saya apa yang mereka inginkan,” kata Marc mengutip Tuttomotoriweb, Senin (27/9/2021).

Padahal Honda tidak pernah berpikir untuk mengurangi gajinya. Bos tim Repsol Honda Alberto Puig mengatakan, Marc adalah pebalap yang bukan money oriented, tidak melulu soal uang atau bayaran yang diterima.

“Permintaan seperti itu tidak terlalu umum datang dari pebalap. Hal pertama yang ingin dimenangkan Marquez adalah balapan. Jika prioritasnya adalah uang dia akan tinggal di luar Spanyol, tetapi dia masih di rumah,” katanya.

Diketahui dari semua pebalap Spanyol yang berlaga di kelas premier ada tiga pebalap yang masih tinggal di Spanyol, ketiganya ialah Marc Marquez, Alex Marquez dan Maverick Vinales.

Baca juga: PPKM Level 3, Protokol Kesehatan Balap ISSOM Round 3 Makin Ketat

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Tetapi manajer tim Repsol Honda itu hanya memuji Marc karena alasan uang, tapi juga mentalnya yang sangat kuat, sehingga bisa bangkit dari keterpurukan.

Kegigihannya dalam menghadapi kesulitan akhir-akhir in, baik dari segi fisik maupun teknis membuat orang jadi segan. Belum lagi Marc juga mengerjakan prototipe motor 2022.

“Marc harus melalui latihan penerimaan yang brutal, karena dia melihat dirinya di lingkungan yang tidak biasa dia hadapi, bertarung dengan pebalap yang biasanya tidak berada di sekitarnya, tetapi sangat jauh darinya,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com