Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ladies, Begini Posisi Duduk yang Benar saat Dibonceng

Kompas.com - 04/09/2021, 14:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit wanita yang masih duduk menyamping saat dibonceng menggunakan sepeda motor. Ada yang karena terpaksa, mungkin sedang menggunakan rok panjang. Ada juga yang mungkin karena nyaman atau kebiasaan.

Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), mengatakan, saat orang yang dibonceng menghadap ke kiri atau ke kanan, dapat mengurangi kewaspadaan dari pengendara motor dan keseimbangan saat berkendara.

Baca juga: Jangan Boncengan Lebih dari 1 Orang, Ini Bahayanya

"Pembonceng yang menyamping dikhawatirkan dapat mengurangi keseimbangan pengendara," kata Edo, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.dok.Kompasiana Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.

Menurut Edo, agar berkendara tetap seimbang, sebaiknya orang yang dibonceng duduk menghadap ke depan, sama seperti pengendara.

Selain itu, dari faktor keamanan pun sangat berbahaya jika terjadi kecelakaan. Sebab, potensi fatalitas akibat terlontarnya penumpang bisa lebih besar.

Baca juga: Boncengan Motor Bawa Keluarga, Pahami Aturan dan Tips Amannya

"Jadi yang sewajarnya saja, karena semuanya itu sudah diperhitungkan dengan baik, terutama untuk keselamatan dan kenyamanan," ujar Edo.

Agar lebih nyaman saat dibonceng, ada baiknya untuk memperhatikan juga pakaian yang digunakan. Untuk wanita, akan lebih baik jika menggunakan celana panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com