Rambut Tipis pada Ban Baru Ternyata Punya Fungsi Penting

Kompas.com - Diperbarui 04/09/2021, 08:44 WIB
Rambut-rambut pada ban baru. Febri Ardani/KompasOtomotifRambut-rambut pada ban baru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap membeli ban baru, di bagian pinggir ban terdapat rambut-rambut halus atau karet kecil yang keluar dari ban. Tak sedikit yang penasaran dengan fungsi rambut tipis tersebut.

Fungsi rambut tipis pada ban baru biasanya menjadi indikasi konsumen kalau mendandakan produk ini masih baru atau belum pernah dipakai sebelumnya. 

Rambut tipis pada ban inin juga tidak ada hubungannya dengan performa ban. Namun, ada kaitannya dengan fungsi penting lain, yakni saat proses produksi ban.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu Fungsi Tutup Pentil pada Ban

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan, rambut tersebut berguna untuk membuang angin saat proses pembentukan ban.

Rambut-rambut pada ban baru.Febri Ardani/KompasOtomotif Rambut-rambut pada ban baru.

"Itu untuk bantu proses buang angin pada saat ban dimasak di molding, biar tidak ada udara terjebak, sebab saat ban dimasak, bentuk ban belum berbentuk, masih green tire (seperti lembaran). Ketika dia dimasak di-mold, dia ditekan (pressure) dengan tekanan tertentu," kata Dodiyanto, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat proses curing, yakni menekan ban, tekanan tersebut memaksa ban mengikuti bentuk cetakan. Dalam kondisi ini semua komponen disatukan secara kimiawi hingga membuat ban menjadi elastis.

Baca juga: Ini Tiga Penyebab yang Bikin Ban Motor Benjol

Ketika proses itu terjadi, sebagian material ban ada yang terdorong ke jalur udara atau vent hole untuk membuang udara yang terjebak. Saat selesai, karet yang terdorong ke vent hole itulah yang membentuk rambut-rambut tipis.

Rambut-rambut pada ban baru, lebih baik dibuang atau dipertahankan?bicycles.stackexchange.com Rambut-rambut pada ban baru, lebih baik dibuang atau dipertahankan?

Elsafan Rendianto, Department Head Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries, produsen ban FDR mengatakan, rambut tipis pada ban baru hanya membantu proses pada saat curing, tidak ada hubungannya dengan performa ban.

"Sebetulnya tidak ada fungsi khusus. Rambut halus itu ada karena akibat proses produksi saja. Tapi buat sebagian orang memang melihat rambut-rambut halus ini sebagai tanda ban tersebut ban baru bukan bekas," ujar Elsafan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.