Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuk Tuk Listrik Pakai Atap Panel Tenaga Surya

Kompas.com - 02/09/2021, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Rushlane


JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat kendaraan listrik diyakini merupakan jawaban di masa depan. Maka itu kini banyak produsen otomotif yang mengembangkan kendaraan listrik.

Salah satu yang berinovasi ialah Vega, perusahaan rintisan asal Srilanka. Menariknya perusahaan tersebut menawarkan konsep kendaraan transportasi roda tiga listrik.

Baca juga: Pekerjaan Utama Rampung, Sirkuit Mandalika Fokus Siapkan Operasional

Kendaraan yang biasa disebut Tuk Tuk atau Bajaj di Indonesia itu bebas polusi. Kemudian sebagai sumber tenaga, Tuk Tuk bernama Vega ETX itu dilengkapi panel tenaga surya.


Mengutip Rushlane, Vega mengatakan bahwa Vega ETX merupakan solusi mobilitas perkotaan listrik yang praktis untuk masa depan.

Vega ETX merupakan kendaraan roda tiga listrik generasi berikutnya yang dirancang untuk mobilitas perkotaan yang aman, ramah lingkungan, dan ekonomis.

Baca juga: Tarif Trayek Baru Po Murni Jaya dari Bogor Menuju Pacitan

Sayangnya Vega ETX masih berupa konsep, perusahaan berharap model bakal meluncur tahun depan. Untuk baterai memakai paket baterai LFP supaya harganya tetap terjangkau.

Tapi sorotan utama adalah atap panel surya sehingga pengendara tidak perlu pusing mencari charing station. Baterai dapat berjalan hingga 64 km hanya dengan panel tenaga surya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Rushlane
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com