Mulai Besok Jalur Puncak Terapkan Ganjil Genap, Simak Lokasinya

Kompas.com - 02/09/2021, 15:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyikapi aturan PPKM Level 3 di Jawa Barat, kawasan Puncak, Bogor, bakal menerapkan ganjil genap sebagai langkah pembatasan mobilitas.

Rencananya pada 3-5 September 2021, Polres Bogor bakal melakukan uji coba ganjil genap bagi kendaraan yang menuju kawasan puncak.

"Kendaraan pribadi tidak sesuai nomor (ganjil atau genap) pada hari itu akan diputarbalik," ujar Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata dalam keterangannya, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Hyundai Casper, SUV Mungil Calon Pesaing Raize dan Rocky

Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/pARIF FIRMANSYAH Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/p

Dicky mengatakan, check point tersebut berada di Simpang Gadog, Rainbow Hills, Exit GT Ciawi, Pos Penutupan Arus Cibanon, dan Pos Penutupan Arus Bendungan. Selain itu, rencananya akan berlaku juga di kawasan Sentul, Bogor.

Meski begitu, ada beberapa kategori kendaraan dikecualikan yakni pemadam kebakaran, ambulans, angkutan online, angkutan umum, kendaraan dinas, tenaga kesehatan, dan logistik.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Diskon PPnBM Mobil 1.500 cc ke Atas Dikurangi

Situasi arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengalami kemacetan jelang libur Hari Lahir Pancasila, Senin (31/5/2021) malamKOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengalami kemacetan jelang libur Hari Lahir Pancasila, Senin (31/5/2021) malam

"Juga termasuk kendaraan yang memang dalam kondisi darurat," ucap Dicky.

Untuk diketahui, penerapan ganjil genap merupakan tindak lanjut kondisi kondisi kawasan Puncak yang macet pada akhir pekan lalu.

Ganjil genap ini juga tidak menghapus pemeriksaan pengendara dengan wajib menunjukkan hasil negatif antigen/swab dan keterangan vaksin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.