Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Besok Jalur Puncak Terapkan Ganjil Genap, Simak Lokasinya

Kompas.com - 02/09/2021, 15:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyikapi aturan PPKM Level 3 di Jawa Barat, kawasan Puncak, Bogor, bakal menerapkan ganjil genap sebagai langkah pembatasan mobilitas.

Rencananya pada 3-5 September 2021, Polres Bogor bakal melakukan uji coba ganjil genap bagi kendaraan yang menuju kawasan puncak.

"Kendaraan pribadi tidak sesuai nomor (ganjil atau genap) pada hari itu akan diputarbalik," ujar Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata dalam keterangannya, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Hyundai Casper, SUV Mungil Calon Pesaing Raize dan Rocky

Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/pARIF FIRMANSYAH Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/p

Dicky mengatakan, check point tersebut berada di Simpang Gadog, Rainbow Hills, Exit GT Ciawi, Pos Penutupan Arus Cibanon, dan Pos Penutupan Arus Bendungan. Selain itu, rencananya akan berlaku juga di kawasan Sentul, Bogor.

Meski begitu, ada beberapa kategori kendaraan dikecualikan yakni pemadam kebakaran, ambulans, angkutan online, angkutan umum, kendaraan dinas, tenaga kesehatan, dan logistik.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Diskon PPnBM Mobil 1.500 cc ke Atas Dikurangi

Situasi arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengalami kemacetan jelang libur Hari Lahir Pancasila, Senin (31/5/2021) malamKOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengalami kemacetan jelang libur Hari Lahir Pancasila, Senin (31/5/2021) malam

"Juga termasuk kendaraan yang memang dalam kondisi darurat," ucap Dicky.

Untuk diketahui, penerapan ganjil genap merupakan tindak lanjut kondisi kondisi kawasan Puncak yang macet pada akhir pekan lalu.

Ganjil genap ini juga tidak menghapus pemeriksaan pengendara dengan wajib menunjukkan hasil negatif antigen/swab dan keterangan vaksin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com