Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Kenapa Mobil Zaman Sekarang Banyak Menggunakan Per Keong

Kompas.com - 27/07/2021, 11:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu komponen penunjang kenyamanan dalam sebuah kendaraan yakni suspensi. Suspensi membnatu kendaraan untuk meredam getaran atau goncangan dari jalan yang dilewati.

Secara umum, per suspensi yang ada pada kendaraan terbagi jadi dua, coil spring atau per keong dan leaf spring atau per daun. Namun untuk mobil keluaran terbaru, sudah banyak yang menggunakan per keong daripada per daun.

Baca juga: Modal Rp 30 Juta, Tampilan Toyota Fortuner Berubah Jadi Legender

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, untuk mobil sekarang kebanyakan sudah mengandalkan per keong untuk kenyamanan berkendara.

Per daun kendaraan niagaOtomania/Setyo Adi Per daun kendaraan niaga

"Jadi secara konstruksi, per daun itu memang dirancang untuk beban yang lebih berat. Sedangkan kalau per keong itu dirancang agar lebih lembut dan lebih nyaman digunakan," kata Didi kepada Kompas.com, Senin (26/7/2021).

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Begini Aturan Operasional Transportasi Umum

Didi menambahkan, kebanyakan per daun dipakai atau dipasangkan untuk mobil niaga. Namun pemasangan yang dilakukan biasanya hanya pada bagian belakang, sedangkan untuk suspensi depan tetap menggunakan per keog atau coil spring.

"Secara desain memang lebih kuat per daun makanya banyak yang ditaruh belakang untuk mobil muatan, sedangkan per keong dibutuhkan untuk kenyamanan berkendara serta membantu handling kendaraan," ucap Didi.

Peredam kejut pada bagian mobilIstimewa Peredam kejut pada bagian mobil

Dilihat dari sisi kerumitan jika terjadi kerusakan, per daun akan lebih mudah diperbaiki. Per daun yang patah juga hanya diganti bagian yang patah saja, sedangkan untuk per keong jika patah harus menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Berburu Toyota Rush Bekas dengan Dana Rp 100 Jutaan

Biaya perbaikan dan perawatan yang dibutuhkan lebih murah jika menggunakan per daun dibandingkan per keong. Namun dengan alasan kenyamanan berkendara, per keong lebih banyak diterapkan untuk mobil keluaran terbaru.

"Kalau alasan mobil sekarang banyak menggunakan per keong yang pertama yakni lebih empuk dan lebih enak untuk dikendarai, kalau per daun biasanya keras. Lebih ke faktor kenyamanan dan handling," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com