Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Level 4, Ini Cara Mudah Rawat Jok Mobil Sendiri

Kompas.com - 21/07/2021, 18:11 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi memperpanjang masa PPKM Darurat yang berganti jadi PPKM Level 4 sampai 25 Juli 2021. Waktu di rumah bisa dimanfaatkan untuk merawat kendaraan seperti interior mobil.

Merawat interior mobil bisa dilakukan sendiri. Bahkan untuk jok yang sudah memakai kulit sintetis tidak perlu membutuhkan peralatan khusus, cukup dilap dengan lap basah.

"Untuk merawat jok mobil kulit sintetis itu mudah. Cukup dilap saja sudah aman," kata Dana Iswanto Brand Manager MBtech Synthetic Leather, PT Polystar International, kepada Kompas.com, Senin (19/7/2021).

Baca juga: Tiruan Kawasaki Z1000 Versi China, Ini Dayun Chi 302

Interior Mobil yang Pakai Bahan dari MBtechAditya Maulana - Otomania Interior Mobil yang Pakai Bahan dari MBtech

Jika ingin lebih bersih, kata Dana, bisa ditambahkan cairan pembersih atau sabun dengan PH rendah.

"Kalau ada noda sedikit membandel atau ingin lebih bersih pakai sabun dengan PH rendah seperti misalkan sampo bayi. Kalau PH tinggi konsentratnya tinggi takutnya akan menggikis lapisan kulit," katanya.

Dana menjelaskan, kulit sintetis diibaratkan seperti kue yang punya berbagai lapisan. Lapisan paling atas atau top coating akan rusak jika pakai sabun PH tinggi.

"Ditakutkannya seperti itu. Walau pakai sabun biasa sebetulnya masih aman. Tapi kalau biar benar-benar tahan lama pakai PH rendah," katanya.

Baca juga: Saat Mobil Parkir, Apa Perlu Membuka Kaca Jendela?

Model berpose saat peluncuran pelapis jok seri premium dari MBTech di The Terrace Golf Senayan, Kamis (20/2/2014).KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Model berpose saat peluncuran pelapis jok seri premium dari MBTech di The Terrace Golf Senayan, Kamis (20/2/2014).

Setelah dilap dengan lap basah kata Dana, jangan lupa mengelap lagi sampai permukaan kulit jok benar-benar kering.

Dana mengatakan, kelebihan kulit sistetik yaitu bisa dibuat sedemikian rupa sesuai kebutuhan. Sehingga kulit sintetis punya keunggulan tersendiri ketimbang kulit asli.

"Keunggulannya pertama dia tidak ada pori-pori, dan kedua ada anti UV. Tahan terhadap perubahan suhu. Di beberapa line up kita juga anti mikroba atau anti kuman," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com