Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Ciri Motor Baru yang Bisa Dijadikan Investasi

Kompas.com - 14/07/2021, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli sepeda motor buat investasi, meski terkesan meragukan ada yang melakukan. Asal mengerti motor, pasar, dan tren yang sedang atau akan berkembang.

Bahkan tak harus motor klasik yang sudah jarang di pasaran, tapi juga bisa motor baru. Motor baru bisa jadi investasi yang menguntungkan, tapi perlu waktu untuk pembuktian.

Baca juga: Ini Kriteria Mobil Bekas yang Sulit Dijual

Bambang atau yang akrab disapa Om Beng, pendiri Indonesia Vespa Days, mengatakan, ciri-ciri motor yang bisa dijadikan investasi yakni yang masih bawaan asli pabrik alias orisinil.

"Menurut saya masih model bawaan pabrik. Karena kalau motor kustom sangat subjektif," katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Vespa GS Vespa GS

Sebetulnya tidak ada acuan apakah motor baru bisa jadi investasi atau tidak, meski demikian setidaknya bisa dikerucutkan melalui beberapa faktor, yaitu: 

1. Populasi

Motor baru yang populasinya tidak terlalu banyak tapi ramai peminatnya. Hal ini akan membuat permintaan tinggi tapi stok yang ada terbatas.

Hal ini bisa menuntut kejelian dan faktornya sangat banyak. Misalkan model yang secara penjualan gagal, tapi setelah beberapa tahun kemudian justru dicari-cari orang karena langka.

2. Generasi awal

Motor-motor generasi pertama. Lebih bagus lagi jika generasi pertama itu berstatus impor atau Completely Bulit Up (CBU). Sebab motor CBU identik dengan kualitas baik dan unit yang sedikit.

Contohnya yaitu Honda PCX150 lawas dari Thailand yang sampai sekarang harganya masih mahal.

3. Tidak dijual di Indonesia

Kemudian motor-motor yang memang tidak masuk dari APM melainkan importir umum. Motor seperti ini biasanya lebih mahal, tapi eksklusif.

Banyak motor yang tidak dijual resmi di Indonesia tapi masuk dari jalur lain. Populasinya otomatis lebih sedikit dibanding produk massal yang diproduksi dan dijual di Indonesia.

4. Model spesial

Motor yang memiliki special edition atau limited edition atau edisi ulang tahun. Model seperti ini sering diburu karena punya nilai sentimentil atau fitur khusus yang tidak ada di varian standar.

Salah satu motor yang harganya kini meroket ialah Yamaha RX-King Special Edition 2003. Pada awal 2020 motor ini diklaim terjual Rp 150 juta. Pada 2021 bahkan ada pedagang yang buka harga Rp 175 juta.

5. Sejarah dan komunitas

Motor yang punya sejarah atau sudah diproduksi dalam jangka waktu lama seperti Honda Monkey. Pertimbangan lain yaitu membeli motor yang diyakini bakal punya basis komunitas besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com