Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Bus AKAP Kelas Patas Surabaya-Yogyakarta

Kompas.com - 20/05/2021, 16:41 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Dengan harga yang terjangkau untuk perjalanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), bus menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat.

Saat ini sudah ada banyak kelas yang ditawarkan oleh Perusahaan Otobus (PO) untuk melayani perjalanan konsumen dengan varian harga tertentu.

Bus AKAP memiliki beberapa pilihan varian, dari kelas yang tertinggi yakni Super Eksekutif dengan kursi yang bisa dijadikan tempat tidur. Kemudian ada kelas Double Decker atau ada juga yang menyebutnya dengan Super Top.

Baca juga: Ini Perbedaan Sanksi Pengendara Tidak Membawa SIM dan Tak Memiliki SIM

Untuk kelas menengah, konsumen dapat memilih bus dengan kelas Eksekutif yang fasilitas dan pelayanannya tidak kalah dengan bus Super Eksekutif.

Penumpang kelas Eksekutif sudah dimanjakan dengan tempat duduk konfogurasi 2-2 dengan sandaran kaki dan recleaning seat.

Kemudian untuk kelas paling murah ada kelas Patas dan juga AC Tarif Biasa (ATB). Bus kelas ini biasanya melayani rute Antar Kota Antar provinsi yang tidak terlalu jauh.

Fasilitas yang didapat yakni bus sudah disediakan Air Conditioner (AC) dengan konfigurasi tempat duduk 2-2. Namun ada juga yang menyediakan seat 3-2.

Bus AKAP di terminal Tirtonadi Solo, Jawa TengahArif Nugrahadi Bus AKAP di terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah

Bagi konsumen yang ingin melakukan perjalanan Antar Kota Antar Provinsi dari Surabaya menuju Yogyakarta, ada beberapa bus kelas Patas yang dapat dipilih dengan kenyamanan yang cukup.

Penumpang dapat memilih bus Mira, Eka cepat, Sugeng Rahayu, Sumber Selamat, dan juga Mandala. Kelima bus tersebut melayani trayek Surabaya-Yogyakarta dengan kelas Patas dan ATB.

Baca juga: Jangan Lupa, Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Untuk harganya, Eka cepat dan Mira akan dikenakan tarif Rp 110.000 sampai dengan Rp 150.000 untuk rute terjauh dari Surabaya menuju Yogyakarta.

Bus Eka dan Mira akan beroperasi mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB dan akan berjalan setiap hari.

Kemudian ada Sugeng Rahayu dan juga Sumber Selamat yang beroperasi selama 24 jam setiap harinya.

Untuk perjalanan dari Surabaya menuju Yogyakarta, penumpang harus menyiapkan uang sebesar Rp 110.000 sampai dengan Rp 150.000 untuk rute terjauhnya.

Bus AKAP PO NPMDOK. LAKSANABUS Bus AKAP PO NPM

Ada juga pilihan bus lain yakni bus Mandala. Bus ini termasuk dalam perusahaan Handoyo Group yang melayani trayek Surabaya-Yogyakarta.

Bus ini beroperasi pada pukul 08.00 sampai dengan 21.00 dengan kelas bisnis AC yang memiliki konfigurasi tempat duduk 2-2.

Baca juga: Beredar Rendering Yamaha R15 v4, Makin Mirip Moge Supersport

Jika penumpang ingin menggunakan bus Mandala untuk perjalanan Antar Kota Antar Provinsi, penumpang perlu menyiapkan uang sebesar Rp 120.000 sampai dengan Rp 150.000.

Harga dan jadwal bus patas trayek Surabaya-Yogyakarta bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan oleh perusahaan otobus.

Untuk pembelian tiket, penumpang dapat langsung menuju loket yang disediakan di terminal ataupun ke agen bus resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com