Karoseri Laksana Rilis Generasi Terbaru Nucleus

Kompas.com - 20/05/2021, 16:12 WIB
Bus baru karoseri Laksana, Nucleus 5 DOK. LAKSANABUSBus baru karoseri Laksana, Nucleus 5

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah ditunda dari bulan Maret 2021, bus terbaru dari karoseri Laksana akhirnya dirilis juga. Bus terbaru ini merupakan bus medium dengan peruntukan di dalam kota yang dinamai Nucleus 5.

Untuk tampilan eksterior bus terbaru ini memang sangat modern. Bentuknya yang mengotak, mengingatkan kepada saudaranya, Cityline3 yang biasanya digunakan sebagai bus besar di dalam kota.

Kusririn, Manager Design Laksanabus mengatakan, Nucleus 5 ini memang didesain khusus dengan tampilan eksterior yang futuristis. Harapannya, bus ini bisa menjadi icon yang menarik sebagai salah satu moda transportasi di perkotaan.

Baca juga: Kenapa Harus Injak Rem Sebelum Menyalakan Mesin Mobil Transmisi Matik?

Bus baru karoseri Laksana, Nucleus 5DOK. LAKSANABUS Bus baru karoseri Laksana, Nucleus 5

“Desain yang menarik dan futuristis bisa menjadi penyeimbang kemajuan perkotaan sebagai bagian dari penanda modernisasi zaman,” kata Kusririn kepada Kompas.com, Kamis (20/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk dimensinya, secara umum sama saja dengan generasi Nucleus sebelumnya. Selain itu, banyak inovasi yang disematkan pada Nucleus 5, mulai bagian eksterior maupun interiornya.

“Bagian ekseterior, menggunakan kaca yang besar untuk memperoleh pandangan yang luas baik sisi depan, samping, maupun belakang,” ucap Kusririn.

Baca juga: SYM Jet X 150, Penantang Nmax dari Taiwan

Bus baru karoseri Laksana, Nucleus 5DOK. LAKSANABUS Bus baru karoseri Laksana, Nucleus 5

Bagian headlamp juga baru, menambah tampan tampilan bus perkotaan ini. Dengan tampilan yang keren, Kusririn berharap bisa menarik perhatian masyarakat untuk mau menggunakan moda transportasi bus.

Bagian interior juga dibuat dengan konsep baru yang tetap nyaman dan tentunya memperhatikan protokol kesehatan. Kabin juga terasa lebih lega karena menggunakan model pintu low entry, sehingga penumpang bisa naik dari pinggir jalan.

“Paling penting, Nucleus 5 bisa mengakomodasi penumpang difabel (berkebutuhan khusus) untuk tetap bisa menggunakan dan menikmati fasilitas bus perkotaan,” ucapnya.

Kabin Bus baru karoseri Laksana, Nucleus 5DOK. LAKSANABUS Kabin Bus baru karoseri Laksana, Nucleus 5

Selain pintu masuk yang rendah, pada bagian belakang juga dibuat platform agar pengguna kursi roda atau yang membawa stroller bisa masuk ke kabin. Selain itu di kabinnya juga tersedia beberapa port USB untuk mengisi daya telepon genggam.

Untuk bagian kabin nantinya bisa kembali disesuaikan dengan keinginan pemesan. Susunan bangku bisa dibuat saling berhadapan atau menghadap ke depan, begitu juga dengan fitur-fitur lain seperti CCTV, panoramic sunroof, automated hand sanitizer dispenser dan lain-lain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X