Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Parkir Motor di Jalur Penyelamat Menantang Bahaya

Kompas.com - 19/05/2021, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Media sosial diramaikan dengan unggahan warganet tentang sekelompok pengendara motor yang parkir di jalur penyelamat Subang, Jawa Barat.

Rekaman tersebut viral setelah diunggah oleh akun instagram @agoez_band4, Selasa (18/5/2021). Dalam video tersebut terlihat beberapa pengemudi motor yang memarkir kendarannya di jalur penyelamat.

Padahal, di lokasi tersebut terdapat imbauan larangan berhenti, parkir atau foto selfie di sepanjang jalur keselamatan. Sebab, hal itu berbahaya.

Baca juga: Kapan Kampas Rem Mobil Harus Diganti? Ini Cara Mengeceknya

Terkait hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana sangat menyayangkan sikap pengendara motor tersebut. Ia menegaskan, jalur penyelamatan memang kosong, tetapi itu bukan tempat untuk berhenti.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

Jalur penyelamat itu merupakan tempat atau area titik tangkap kendaraan yang mengalami rem blong. Bahasa rem blong ini kan emergency (darurat). Artinya, tidak hanya kendaraan saja yang bermasalah tetapi pengemudi juga pasti panik. Sehingga dibutuhkan jalur yang clear, bebas dari objek-objek yang bisa menghambat proses penyelamatan,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/5/2021).

Sony melanjutkan, di jalan tersebut sudah terpampang jelas imbauan yang bisa membantu mereka untuk mengambil keputusan yang benar dalam bersikap.

Baca juga: Berikut Proses Klaim Asuransi Kecelakaan ke Jasa Raharja

“Sayangnya, mereka hanya lihat, tapi tidak paham. Merasa sepi dan kosong, jadi dianggap aman. Padahal risiko bahayanya besar,” kata dia.

Menurut Sony, ketika area tersebut dijadikan sebagai tempat parkir, beristirahat, duduk-duduk, atau tempat foto, artinya sama saja dengan menjemput bahaya.

“Maka dari itu bijaksanalah dalam memilih area yang aman untuk berhenti, ingat bahwa jalur penyelamatan memang kosong tapi bukan tempat untuk berhenti,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com