Salin Artikel

Kenali Tanda-tanda Shock Absorber Mobil Minta Jajan

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu penunjang kenyamanan ketika mengemudikan mobil adalah suspensi atau shock absorber. Fungsinya tentu untuk meredam kerasnya kondisi jalan yang dilalui kendaraan.

Namun, posisi shock absorber yang ada di kolong mobil jadi jarang terlihat mata, sehingga tidak sering diperiksa. Pengemudi hanya sekadar menggunakan kendaraannya saja, tetapi shock absorber jarang dirawat.

Lalu bagaimana untuk mengetahui kondisi shock absorber mobil yang kondisinya sudah rusak dan minta jajan?

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, ada beberapa ciri dari shock absorber yang sudah mulai rusak. Ciri ini bisa dirasakan oleh pengemudi dengan mudah.

“Pertama terdengar bunyi-bunyi abnormal ketika melewati lubang atau polisi tidur. Hal ini terjadi karena ban yang mentok ke bodi atau fender,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Rabu (5/5/2021).

Efek yang kedua adalah mobil yang terasa keras ketika dikemudikan karena tidak ada peredaman dari jalan. Selain keras, kendaraan juga bisa terasa lebih limbung jika shock absorber sudah tidak dalam kondisi prima.

“Jadi traksi ban terhadap aspal ini jadi jelek saat shock absorber sudah rusak. Ban yang biasa ditekan karena berat bodi, ketika shock absorber rusak jadi kaku, tidak ada daya tekan ke bawah,” kata Suparna.

Shock absorber pada mobil-mobil zaman sekarang sudah tidak bisa diservis. Jadi jika mengalami kerusakan harus melakukan penggantian dengan yang baru.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/06/100200515/kenali-tanda-tanda-shock-absorber-mobil-minta-jajan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.