Hyundai Kona N Resmi Meluncur, Crossover dengan Mesin Turbo

Kompas.com - 29/04/2021, 07:22 WIB
CARSCOOPS.com CARSCOOPS.comCARSCOOPS.com

JAKARTA, KOMPAS.comHyundai Motor Company punya divisi khusus yang menciptakan mobil dengan performa tinggi. Sub merek Hyundai N jadi rumah bagi barisan mobil kencang, seperti i20 N, i30 N, Veloster N, hingga yang paling baru Kona N.

Seperti diketahui, Hyundai Kona N baru saja diperkenalkan secara global dalam acara virtual bertajuk Hyundai N Day.

"Kona N adalah hot SUV sejati dengan level performa sebuah hot hatch," ujar Albert Biermann, Presiden dan Kepala Divisi R&D Hyundai Motor Group, dalam tayangan Youtube Hyundai N Worldwide, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Bocoran Mesin 1.200 cc Toyota Raize, Tenaga dan Torsi Lebih Besar

Hyundai Kona NCARSCOOPS.com Hyundai Kona N

"Mobil ini memecahkan aturan bahwa SUV tidak bisa fun to drive. Sebagai model N, mobil ini melewati batas SUV biasa," kata dia.

Kona di Indonesia terkenal sebagai mobil listrik yang mendobrak pasar, khususnya untuk Kona EV. Ketika harga mobil listrik umumnya masih dibanderol di kisaran lebih dari Rp 1 miliar, Kona bersama Ioniq ketika itu hadir dengan harga lebih bersahabat sekitar Rp 600 jutaan.

Kini saudaranya, Kona N, juga bakal mengagetkan para penggemar kecepatan lantaran mobil ini jadi crossover N pertama.

Baca juga: Ojol Bawa Muatan Besar, Antara Terpaksa dan Pengirim yang Tega

Hyundai Kona NCARSCOOPS.com Hyundai Kona N

Kona N disebut-sebut memiliki kombinasi kepraktisan khas crossover, akselerasi dan kelincahan yang baik, dan siap di trek balap.

Dilansir dari Carscoops, hal ini mungkin dilakukan sebab Kona N dibekali mesin 2.000 cc 4-silinder dengan turbo yang menghasilkan tenaga 280 tk dan torsi 392 Nm.

Hyundai mengklaim mesin ini memiliki kurva yang rata sehingga memiliki tenaga dan torsi putaran tengah hingga atas yang stabil.

Baca juga: Komponen Ini Wajib Dicek Saat Membeli Mobil Bekas

Hyundai Kona NCARSCOOPS.com Hyundai Kona N

Lalu untuk transmisi, Hyundai Kona N menggunakan transmisi dual clutch 8-percepatan N-DCT. Transmisi ini memiliki segenap fitur seperti N Power Shift, N Grin Shift, N Track Sense Shift, dan dapat diatur Creep Off.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X