Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Kona N Resmi Meluncur, Crossover dengan Mesin Turbo

Kompas.com - 29/04/2021, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHyundai Motor Company punya divisi khusus yang menciptakan mobil dengan performa tinggi. Sub merek Hyundai N jadi rumah bagi barisan mobil kencang, seperti i20 N, i30 N, Veloster N, hingga yang paling baru Kona N.

Seperti diketahui, Hyundai Kona N baru saja diperkenalkan secara global dalam acara virtual bertajuk Hyundai N Day.

"Kona N adalah hot SUV sejati dengan level performa sebuah hot hatch," ujar Albert Biermann, Presiden dan Kepala Divisi R&D Hyundai Motor Group, dalam tayangan Youtube Hyundai N Worldwide, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Bocoran Mesin 1.200 cc Toyota Raize, Tenaga dan Torsi Lebih Besar

Hyundai Kona NCARSCOOPS.com Hyundai Kona N

"Mobil ini memecahkan aturan bahwa SUV tidak bisa fun to drive. Sebagai model N, mobil ini melewati batas SUV biasa," kata dia.

Kona di Indonesia terkenal sebagai mobil listrik yang mendobrak pasar, khususnya untuk Kona EV. Ketika harga mobil listrik umumnya masih dibanderol di kisaran lebih dari Rp 1 miliar, Kona bersama Ioniq ketika itu hadir dengan harga lebih bersahabat sekitar Rp 600 jutaan.

Kini saudaranya, Kona N, juga bakal mengagetkan para penggemar kecepatan lantaran mobil ini jadi crossover N pertama.

Baca juga: Ojol Bawa Muatan Besar, Antara Terpaksa dan Pengirim yang Tega

Hyundai Kona NCARSCOOPS.com Hyundai Kona N

Kona N disebut-sebut memiliki kombinasi kepraktisan khas crossover, akselerasi dan kelincahan yang baik, dan siap di trek balap.

Dilansir dari Carscoops, hal ini mungkin dilakukan sebab Kona N dibekali mesin 2.000 cc 4-silinder dengan turbo yang menghasilkan tenaga 280 tk dan torsi 392 Nm.

Hyundai mengklaim mesin ini memiliki kurva yang rata sehingga memiliki tenaga dan torsi putaran tengah hingga atas yang stabil.

Baca juga: Komponen Ini Wajib Dicek Saat Membeli Mobil Bekas

Hyundai Kona NCARSCOOPS.com Hyundai Kona N

Lalu untuk transmisi, Hyundai Kona N menggunakan transmisi dual clutch 8-percepatan N-DCT. Transmisi ini memiliki segenap fitur seperti N Power Shift, N Grin Shift, N Track Sense Shift, dan dapat diatur Creep Off.

Berbasis Hyundai Kona facelift, Hyundai Kona N memiliki beberapa peningkatan pada rigiditas sasis untuk meningkatkan handling.

Sasis Hyundai Kona N memiliki beberapa titik pengelasan tambahan, struktur strut ring yang ditingkatkan, dan rangka yang diperkuat.

Baca juga: Duet Baru Raize dan Rocky Resmi Diperkenalkan

Hyundai Kona NCARSCOOPS.com Hyundai Kona N

Bicara soal kaki-kaki, suspensi Hyundai Kona N menggunakan Electronic Controlled Suspension (ECS) yang dapat diatur kekerasannya secara elektronik.

Lalu ada beberapa ubahan lain yang berpengaruh pada handling seperti ban khusus Pirelli P-Zero, e-LSD, dan Rack-mounted Motor Driven Power Steering (R-MDPS).

Meski dilahirkan sebagai mobil berperforma, Hyundai Kona N masih dilengkapi fitur-fitur keselamatan yang lengkap untuk dipakai sehari-hari.

Baca juga: Generasi Baru Toyota Land Cruiser Siap Meluncur Pertengahan 2021

Hyundai Kona NCARSCOOPS.com Hyundai Kona N

Ada Blind Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross Traffic Avoidance Assist (RCCA), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Safe Exit Warning (SEW), Rear Seat Alert (RSA), dan Forward Collision Avoidance Assist (FCA).

Kona N ditawarkan dalam 7 warna eksterior yakni warna khusus N Sonic Blue, Phantom Black Pearl, Atlas White, Cyber Grey Metallic, Dark Knight Grey Pearl, Ignite Red, dan Performance Blue.

Untuk interior hanya tersedia warna hitam One-tone dengan aksen Performance Blue, tetapi dengan tiga bahan jok yaitu kain, beludru, atau kulit.

Hyundai belum merinci kapan akan mulai menjual Hyundai Kona N dan juga harganya. Namun dapat dipastikan mobil ini akan tersedia di pasar-pasar yang sudah menjual line-up Hyundai N, seperti Korea Selatan, Eropa, dan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com