Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laksana Bikin Konsep Bus Unik, Medium Bus Suites Class

Kompas.com - 13/04/2021, 16:11 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Laksana asal Ungaran menampilkan konsep bus yang cukup unik bertajuk Suites Combi Bus. Konsep bus ini dibuat untuk mengikuti kontes desain livery dan interior bus Mercedes Benz OF 917.

Secara tampilan luar, desain livery konsep bus Laksana ini memakai konsep Indonesia Jaya Edition. Menampilkan beberapa trade mark kota Semarang serta untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76.

Kemudian soal kabinnya, Laksana memadukan Social Distancing Seat (susunan bangku 1-1-1) dengan Suites Class. Untuk bagian depan sampai tengah, memakai susunan bangku 1-1-1 sedangkan di belakang khusus Suites Class.

Baca juga: Diskon Piaggio dan Vespa Ramadhan 2021

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, livery Suites Combi Bus ini didesain oleh seniman asal Semarang, Herry Suryo. Untuk sementara, bus ini memang masih konsep, namun bisa diwujudkan.

“Laksana desain interior pasti bisa diaplikasikan. Sebenarnya desain bus seperti ini memang sudah dipikirkan, kebetulan ada kontes jadi kita keluarkan sekarang,” ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Secara eksterior, tipe bus yang menjadi basisnya adala Tourista XL single glass. Kemudian uniknya, di bagian sisi samping belakang, terdiri dua tumpuk kaca, seperti Legacy SR2 Suites Class buatan Laksana. Di bagian depan bus juga ditambah rak untuk menaruh sepeda.

Baca juga: Catat, Ini Biaya Resmi Bikin Pelat Nomor Cantik

Konsep bus medium LaksanaDOK. LAKSANABUS Konsep bus medium Laksana

“Untuk bangku 1-1-1, totalnya ada 12, sedangkan untuk Suites Classnya ada 8 kursi rebah,” kata Werry.

Fasilitas yang bisa dinikmati di bus ini, terutama yang Suites Class adalah menggunakan sleeper seat yang bisa direbahkan sampai 150 derajat.

Selain itu, penumpang juga dapat menikmati hiburan lewat layar TV di setiap bangku Suites Class.

Kemudian, bus ini juga menerapkan Bio Smart Air Circulation, yakni sirkulasi udara yang sudah diubah sedemikian rupa agar mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di kabin bus. Selain itu, berbagai komponen interior juga dilapis dengan bahan Nano Silver.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com