Ini Kunci Mitsubishi Xpander AP4 Bisa Menang Rally

Kompas.com - 13/04/2021, 14:22 WIB
Xpander AP4 KOMPAS.com/RulyXpander AP4

JAKARTA, KOMPAS.com – Rifat Sungkar, punya andil besar dalam merancang Mitsubishi Xpander AP4. Saat memodifikasi Mitsubishi Xpander menjadi Mitsubishi Xpander AP4, Rifat Sungkar dan tim Ralliart Selandia Baru sangat terbantu dengan keunggulan rancang bangun yang dimiliki oleh Mitsubishi Xpander AP4.

Kelebihan Xpander ini sudah dilihat Rifat saat pertama kalinya mencoba Mitsubishi Xpander di pusat riset Mitsubishi di Okazaki, Jepang pada 2017.

Saat itu sebagai sebuah MPV, Mitsubishi Xpander punya pengendalian yang sanga baik. Salah satu faktor pendukung adalah bagian kaki-kakinya yang konstruksi kaki-kakinya mirip sedan legendaris reli, Mitsubishi Evolution.

Baca juga: Xpander AP4 Juarai Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021

Faktor lain mengenai bobot, di mana sejatinya bobot Mitsubishi Xpander mencapai 1,780 kilogram. Hal ini tentu sangat cocok untuk diubah menjadi mobil reli di kategori AP4.
Perlu diketahui mobil-mobil AP4 mewajibkan bobot antara 1.230 kg hingga 1.300 kg.

Mitsubishi Xpander AP4 di arena rally nasional Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021.                               dok.XRT Mitsubishi Xpander AP4 di arena rally nasional Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021.

“Bobot Xpander masuk kategori ini, kemudian yang lebih baik lagi ia punya weight balance yang baik,” kata Rifat beberapa waktu lalu.

Pasalnya weight distribution dan weight balance dari mobil LMPV andalan Mitsubishi itu sudah sangat ideal untuk berkompetisi di balapan reli.

Seperti mobil reli lainnya, ubahan yang dilakukan adalah melepas seluruh interior mobil mulai dari jok mobil hingga ke dashboard.

“Kaca mobil juga diganti dengan plexiglass agar lebih menyesuaikan peraturan kategori AP4,” ucap Rifat seperti dikutip di kanal YouTube Rifat Sungkar.

Xpander AP4 melakukan uji coba di sirkuit Meikarta, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (25/7/2020).KOMPAS.com/Ruly Xpander AP4 melakukan uji coba di sirkuit Meikarta, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (25/7/2020).

Hasil modifikasi itu membuahkan hasil, yaitu menjadi pemenang di ajang Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021 di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten pada 10-11 April 2021.

Mendominasi hari pertama, Sabtu, 10 April 2021, penampilan Mitsubishi Xpander AP4 tetap konsisten hingga akhir lomba dengan catatan waktu total 10 menit 8,2 detik, atau lebih unggul 11 detik atas pesaing mereka yang berada di posisi kedua.

Mitsubishi Xpander AP4 di arena rally nasional Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021.dok.XRT Mitsubishi Xpander AP4 di arena rally nasional Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021.

Pencapaian Mitsubishi Xpander AP4 diapresiasi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). President Director PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan capaian tersebut merupakan salah satu bukti ketangguhan Mitsubishi Xpander di berbagai medan.

“Selamat dan apresiasi tertinggi untuk Rifat Sungkar dan XPANDER Rally Team yang telah berhasil menjuarai kejuaraan Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021 dengan Xpander AP4," kata Nakamura.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X