Tips Naik Motor yang Aman Selama Bulan Puasa

Kompas.com - 13/04/2021, 14:52 WIB
Jajal All New Honda Scoopy di  AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat. Foto: AHMJajal All New Honda Scoopy di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebiasaan atau gaya berkendara selama bulan puasa, biasanya berbeda dengan sebelumnya. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya kondisi lalu lintas.

Agar tetap aman, maka setiap pengendara sepeda motor harus tetap berkonsentrasi selama di perjalanan. Berikut tips naik motor aman selama bulan puasa dari PT Astra Honda Motor (AHM) yang disampaikan langsung oleh Johanes Lucky, Manager Safety Riding PT AHM.

“Ada 7 faktor yang harus diperhatikan agar berkendara di bulan puasa tetap aman dan nyaman,” ucap Lucky di acara Ngobrol Virtual Santai bersama Forwot, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Tips Aman Mengemudi di Tol Saat Hujan Deras

Berikut 7 faktor yang harus diperhatikan

1. Rencanakan perjalanan agar bisa dapat rute dan waktu yang tepat agar bisa hemat energi
2. Cukup waktu istirahat, karena selama bulan puasa ini akan terjadi perubahan jam tidur sehingga harus mengatur ulang waktu tidur kita agar tercukupi
3. Atur asupan,karena jam makan selama puasa juga berubah
4. Pemanasan, sebelum berangkat wajib melakukan pemanasan
5. Fokus berkendara
6. Berpikir Positif, untuk menjaga emosi
7. Dan terakhir memprediksi bahaya

Jajal All New Honda Scoopy di  AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.Foto: AHM Jajal All New Honda Scoopy di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.

"Ini setidaknya 7 hal yang kita ingatkan, dan perlu ditingkatkan lagi untuk mendukung keselamatan kita agar bisa berjalan dengan lancar," ucap Lucky.

Selain itu, yang perlu diperhatikan lagi soal perlengkapan berkendara, pemeriksaan kendaraan juga wajib dilakukan secara rutin.

"Protokol kesehatan juga perlu diperhatikan, selama pandemi Covid-19 ini masih ada agar tetap aman dan nyaman," kata dia.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X